Tim Nasional U-23 Laga Uji Coba Lawan Persikab

Para punggawa Tim Nasional Indonesia U-23 diharapkan dapat menunjukkan permainan yang serius dalam laga uji coba melawan Persikab Kabupaten Bandung di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/10). Yongki Ariwibowo dkk diharapkan mampu menerapkan spesifik taktik permainan yang telah mereka asah selama enam hari pemusatan latihan di Bandung.

Hal tersebut diutarakan Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan. Dia menuturkan, target dalam laga uji coba tersebut memang untuk menilai kemampuan pemainnya dalam hal tersebut. "Saya ingin coba semua pemain mengenai pemahaman organisasi permainan dan spesifikasi taktik," ujarnya ketika ditemui seusai latihan di Stadion Siliwangi, Bandung, Jumat (30/9).

Dia menjelaskan, kemungkinan pemain yang siap diturunkan pada laga uji coba tersebut adalah 21 pemain. Hal ini karena dua pemain mengalami cedera yaitu Jajang Sukmara dan Gunawan Dwicahyo.
Sementara itu, tiga pemain lainnya yaitu para pemain Persipura Jayapura Titus Bonay, Lukas Mandowen, dan Stevie Bonsapia baru bergabung pada latihan sore itu."Mereka masih kelelahan, besok main atau tidak, kita lihat besok saja," ujar mantan pelatih Persija Jakarta itu.

Pemain timnas U-23 yang juga merupakan pemain timnas senior Irfan Bachdim dan Ferdinand Sinaga juga dipastikan akan mengikuti laga uji coba tersebut. Keduanya tidak memenuhi panggilan timnas senior untuk berkumpul di Jakarta, kemarin.

Rahmad menjelaskan, dirinya sudah menyampaikan hal tersebut kepada pelatih timnas senior Wim Rijsbergen. "Saya ingin mereka berdua gabung dulu disini (timnas U-23-red). Karena mereka kan belum banyak interaksi dengan pemain lainnya disini," ucapnya.

Dia menuturkan, bagaimanapun membangun kerjasama diantara pemainnya merupakan hal yang sangat penting sehingga ia menginginkan tim yang utuh. Selain itu, Rahmad juga ingin melihat dulu perkembangan mereka pada pertandingan uji coba.

"Di uji coba nanti Irfan dan Ferdinand juga rencananya akan saya berikan porsi main yang lebih banyak, karena saya ingin lihat mereka dulu seperti apa," tuturnya. Rahmad tidak menuturkan lebih jauh siapa pemain yang akan dipercaya untuk menjadi pemain inti pada pertandingan uji coba nanti. Namun dia memastikan, semua pemain akan mendapatkan kesempatan untuk mencicipi laga tersebut.

Setelah melakukan uji coba dengan Persikab, timnas U-23 akan langsung bertolak ke Padang. Disana, mereka akan melakukan uji coba dengan tim asuhan Nil Maizar Semen Padang.

Sebelumnya direncanakan setelah selesai pemusatan latihan di Bandung timnas U-23 akan melakukan uji coba dengan Persija Jakarta. Namun, Rahmad menjelaskan, rencana tersebut tidak bisa terlaksana. "Persija sedang fokus menyelesaikan masalah dualisme kepemimpinan yang ada di timnya. Jadi kami tidak bisa melakukan uji coba disana. Alhamdulilah kita bisa dapat Semen Padang untuk lawan tanding," tuturnya.

Seperti yang telah diutarakannya, Rahmad memang menginginkan klub-klub besar nasional sebagai lawan tanding para punggawanya. Selain untuk memberikan tantangan dalam pertandingan, juga untuk memberikan latihan mental bagi pemainnya. "Karena saya selalu ingin ada penonton, sehingga pemain terbiasa dengan suasana atau atmosfer pertandingan," ujar pelatih yang pernah menangani Persipura Jayapura itu.

Timnas U-23 akan bertolak ke Padang pada Minggu (2/10). Sedangkan laga uji coba dengan tim "Kabau Sirah" akan berlangsung pada Selasa (4/10).

www.pikiran-rakyat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar