Pengamat Ragukan Niat PSSI Gunakan Pemain Naturalisasi di Timnas

Nada miring seputar niat PSSI untuk menjadikan pemain naturalisasi masuk sebagai skuad tim nasional Indonesia yang kini menjalani pertandingan Pra-Piala Dunia 2014, muncul dari pengamat sepakbola dunia, Rayana Djakasurya.

Rayana berpandangan, insan sepakbola Indonesia tidak dapat sepenuhnya menaruh harapan besar bahwa Victor Iqbonevo, Greg Nwokolo, Stevano Lilipaly, Jhonny van Beukering, dan Tonnie Cussel, mampu mendongkrak prestasi tim nasional Indonesia. Alasan yang dikemukakannya, yakni para pemain tersebut tidak memiliki persiapan yang cukup untuk menghadapi sebuah laga prestisius seperti Pra-Piala Dunia 2014.

"Simpel saja, sepakbola di negara manapun tidak bisa dibangun dengan cara instan. Prestasi merupakan sebuah investasi. Artinya, itu perlu dipersiapkan dengan matang dan penuh perhitungan," terang Rayana yang kerap tampil di beberapa stasiun televisi swasta untuk mengupas pertandingan Liga Italia tersebut kepada Bola.net, belum lama ini.

Rayana menambahkan, dengan asumsi pemusatan latihan yang akan kembali digelar manajemen tim nasional Indonesia pada akhir Oktober mendatang, menimbulkan keraguan terkait stamina dari kelima pemain tersebut. Belum lagi, persoalan klasik, yaitu macetnya organisasi dan minimnya komunikasi permainan di lapangan yang akan dihadapi karena belum sejiwa dengan pemain lainnya.

"Apakah saat masuk pemusatan latihan nanti, kondisi stamina dari kelima pemain naturalisasi tersebut sama dengan pemain yang lebih dahulu menjadi skuad timnas? Kalau tidak, omong kosong kita mengharapkan hasil yang baik," tukas pengamat dan komentator sepakbola serta kontributor tabloid olahraga maupun televisi di Indonesia yang sempat lama menetap di Roma, Itali, tersebut.

"Sekali lagi, saya ragu dan memang tidak yakin mereka mampu memberikan kemenangan apalagi gelar juara," tutupnya.
http://www.bola.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar