Timnas U-23 Andalkan Dua Formasi

Timnas U-23 Indonesia akan memakai dua formasi saat berlaga di ajang SEA Games XXVI November mendatang di Jakarta-Palembang. Namun, hal itu tak mutlak dilakukan dan tergantung kebutuhan tim saat bertanding.

Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan mengungkapkan, dua sistem off play yakni 4-4-2 atau 4-2-3-1 akan dipakai tim untuk meredam taktik yang digunakan tim lain saat menghadapi Tim Garuda Muda.

"Kita hanya pakai dua sistem off play, yaitu 4-4-2 atau 4-2-3-1. Tentu akan sangat berpengaruh dengan siapa yang akan bermain di posisi gelandang. Kalau main pake 4-2-3-1 seperti apa, kalau 4-4-2 seperti apa," jelas Rahmad, Minggu (23/10/2011).

"Ada perbedaan karakter pada fungsi gelandang dalam dua skema tersebut," tambahnya.

Mantan pelatih Sriwijaya FC ini juga menyatakan, di timnya terdapat pemain dengan posisi gelandang yang jumlahnya banyak sehingga cukup membuatnya kesulitan menentukan siapa pemain yang akan diturunkan.

"Gelandang berlimpah,  jujur tidak mudah siapa yg akan bermain. Saya tak mau mengekspos siapa yang punya kans lebih besar untuk tampil sebagai starter," ucapnya.

"Namun jujur, persaingan yang ada saat ini luar biasa tajamnya. Tipis sekali perbedaan antara satu sama lain," lanjutnya.

Terkait pemain yang baru bergabung bersama skuad Timnas U-23 seperti Syamsir Alam dan Yericho Cristantoko, RD mengatakan, kesempatan mereka untuk dibawa ke arena SEA Games sama besarnya dengan pemain yang lebih dulu bergabung.

"Peluang yang baru hadir semuanya sama. Mereka bagian dari tim yang siap untuk dinilai. Perkembangan mereka bagus. Cukup menjanjikan," pungkasnya.

http://bola.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar