Limbong Isyaratkan Tak Pakai Pemain Naturalisasi

Timnas Indonesia yang kini tengah menjalani ajang Pra-Piala Dunia 2014, berpikir ulang untuk menggunakan tenaga pemain hasil naturalisasi. 

Penanggungjawab Timnas Indonesia, Bernhard Limbong, menyatakan lebih memilih untuk tetap fokus menggunakan pemain lokal untuk berbagai kejuaraan mendatang.

"Kalau untuk Singapura dan Qatar mungkin bisa naturalisasi. Soalnya, penduduknya hanya sedikit. Kalau Indonesia, penduduknya sangat banyak. Karena itu, jauh lebih baik dan bijaksana jika tetap menggunakan pemain lokal saja," ucap Limbong kepada Bola.net, di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis(29/9).

Pernyataan Limbong sekaligus menutup peluang bagi enam pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi. Mereka yaitu, Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, Johny Rudolf van Beukering, dan Sergio van Dijk, Greg Nwokolo (Persija) dan Victor Chuckwuekezie Igbonefo (Persipura Jayapura). 

Limbong menambahkan, para pemain Indonesia juga sebenarnya memiliki kemampuan bagus. Apalagi, Timnas senior sebenarnya sudah tidak memiliki kepentingan lain di sisa pertandingan Pra Piala Dunia 2014.

Sehingga, Limbong berpandangan jika tetap menggunakan pemain naturalisasi merupakan hal yang sia-sia. Saat ini, yang menjadi perhatian serius dari PSSI adalah membentuk timnas yang kuat untuk diterjunkan di SEA Games 2011 mendatang.

"SEA Games 2011, kita harus mendapatkan emas karena tuan rumah. Tapi untuk timnas senior, memang sudah tidak memiliki target apa-apa. Mustahil kita ke Piala Dunia 2014. Bisa lolos ke babak ketiga saja sudah prestasi yang cukup membanggakan," ucap lelaki yang juga menjabat sebagai Komite Disiplin tersebut.

Dukungan juga datang dari mantan kiper Timnas Hermansyah. Menurutnya, naturalisasi bukanlah langkah bijak untuk Indonesia jika ingin meraih prestasi di dunia internasional.

"Pemain Indonesia juga banyak yang bagus. Yang penting bagaimana pembinaan di kompetisi usia muda," ucap Hermansyah.


http://www.bola.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar