Soal Pemain Naturalisasi Terserah Pelatih

Mantan Deputi Bidang Teknis Timnas PSSI, Iman Arif menjelaskan, tugas dirinya membantu pemain untuk berpindah kewarganegaraan, alias naturalisasi sudah selesai saat pemain tersebut disumpah sebagai warga negara Indonesia.

Selebihnya, keputusan pelatih untuk memanggil pemain tersebut. Seperti diberitakan sebelumnya, Keppres 6 pemain naturalisasi sudah turun dan mereka siap diambil sumpah untuk menjadi warga negara Indonesia. Mereka adalah pemain Belanda keturunan Indonesia; Stefano Lilipaly, Jhon van Beukering, Tonie Cusell, Sergio van Dijk, dan dua pemain ISL Greg Nwokolo (Persija Jakarta) dan Victor Igbonefo (Persipura).

"Tugas saya untuk membantu pemain naturalisasi sudah selesai dan semuanya saya kembalikan lagi kepada pelatih," kata Iman dalam konferensi persnya di FX Plaza, Jakarta, Jumat, (16/9/2011).

Iman juga menyampaikan, setelah pemain tersebut mendapatkan paspor, mereka kemungkinan besar sudah bisa ditampilkan melawan Qatar, Bahrain dan Iran.

"Setelah disumpah pada Oktober mendatang, dua sampai tiga minggu kemudian mereka mendapatkan paspor dan mereka sudah bisa turun melawan Bahrain, Qatar dan Iran," jelas Iman.

Iman juga menanggapi mundurnya pemain naturalisasi yang dianggapnya hanya sebagai bentuk kekhawatiran pemain belaka. "Mungkin ini pendapat pribadinya. Mereka masih memiliki klub dan agennya. Saya pun masih terus menjalin komunikasi dengan pemain itu sendiri. Mungkin ini kekhawatiran mereka, tapi itu wajar," beber Iman.

Selain enam pemain tersebut, satu pemain yang sudah disetujui proses naturalisasinya adalah Joey Suk. Namun pemain 22 tahun yang memperkuat Go Ahead Eagles ini belum melakukan sumpah WNI. Padahal dua pemain lain yang menjalani proses naturalisasi berbarengan dengannya, Ruben Wuarbanaran dan Diego Michiels, sudah mengambil sumpah pada Agustus lalu dan kini keduanya mengikuti seleksi Timnas U-23.

Kepada RNW, Stefano Lilipaly juga mengungkapkan kebimbangannya.Dia khawatir keputusannya berganti paspor akan mempersulit karier profesionalnya di Belanda. Sebab itu dia meminta pihak PSSI mencari solusinya. Namun belakangan melalui akun Facebook-nya, kapten Jong Utrecht ini menegaskan tidak membatalkan proses naturalisasinya. "I didn't cancel indo," tulisnya.

"Tapi sejauh ini, di antara mereka juga masih ada yang memiliki tekad, seperti Sergio Van Dijk yang terus menghubungi saya untuk menanyakan perihal pengurus PSSI," tukas Iman mengakhiri.

http://bola.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar