Akhirnya Wim Bicara Kesiapan Timnas

Setelah sebelumnya bungkam kepada media, pelatih tim nasional Indonesia, Wim Rijsbergen, akhirnya angkat bicara soal persiapan timnya menjelang laga melawan Qatar di Pra-Piala Dunia 2014, 11 Oktober. Seusai latihan terakhir pada Rabu (5/10/2011) pagi, Wim menjelaskan persiapan timnya sejauh ini.

Wim mengungkapkan, dalam latihan terakhir ini, ia sengaja memberikan latihan ringan demi merelaksasi pasukannya karena dalam latihan kemarin tim sudah melakukan dua sesi latihan.
"Tadi, kami melakukan sedikit sprint dan berusaha meningkatkan penguasaan bola. Para pemain masih sedikit lelah. Jadi, kami harus berhati-hati dengan kondisi fisik. Saya belum terlalu tahu apa yang sudah mereka jalani bersama klub," ujar Wim kepada wartawan.
"Kami berusaha menjaga mereka tetap fit karena mereka akan berangkat ke Kuala Lumpur untuk bertanding melawan Arab Saudi. Semoga mereka tetap fit karena akan melawan Qatar beberapa hari lagi," tuturnya.

Wim juga mengungkapkan, yang dibutuhkan Bambang Pamungkas dkk adalah membentuk mental bermain. Selain itu, ujar Wim, timnas harus meningkatkan ball possesion dan fisik.
"Karena itu yang Anda lihat di pertandingan internasional. Kalian lihat apa yang sudah kita lakukan melawan tim-tim kuat dalam pertandingan seperti melawan Jordania, Iran, dan Bahrain. Kita kurang peluang mencetak gol dan masih banyak kesalahan," tutur Wim.

"Secara fisik, lawan sangat kuat. Karena itu, kami berusaha untuk tidak sering-sering kehilangan bola agar mereka tidak terus menekan. Kita harus berusaha tidak kehilangan bola dan terus menekan lawan untuk memberi tekanan kepada lawan-lawan kami. Makanya, kami sedang menaikkan kondisi psikologis pemain untuk perkembangan kondisi mental mereka agar baik untuk menghadapi Qatar," katanya menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar