Kompetisi Dipaksa 9 Bulan, Kualitas Bakal Turun

Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi berharap kompetisi Liga Prima Indonesia musim ini digelar selama satu tahun. Menurut Kas, jika kompetisi dipaksakan dalam waktu kurang dari 9 bulan atau berakhir pada Mei 2012, maka setiap pekannya klub harus menjalani 4 pertandingan. Akibatnya kualitas kualitas kompetisi akan menurun.

"Kualitas kompetisi akan turun dan fisik pemain akan hancur. Mereka tidak akan bisa bersaing dengan fisik pemain luar," ujar Kas di Palembang, Sabtu (8/10/2011).

Menurut Kas, idealnya klub hanya menjalani satu atau dua pertandingan dalam setiap pekannya. Jumlah dua pertandingan pun dinilainya sudah padat. Karena jika merujuk pada liga di Eropa, mereka hanya menggelar pertandingan satu kali setiap pekannya untuk setiap tim.

"Kompetisi mendatang akan diikuti 24 tim. Dengan asumsi setiap tim melakoni 46 pertandingan, maka akan ada dua laga per pekan. Artinya kompetisi selesai September 2012. Saya lebih memilih opsi ini, yakni kompetisi digelar satu tahun," jelas Kas.

Sebelumnya PSSI telah menawarkan dua opsi mengenai durasi kompetisi. Opsi pertama, kompetisi digelar kurang dari 9 bulan dan berakhir Mei 2012. Dengan opsi ini, setiap tim harus bertanding 4 kali setiap pekannya.

Sementara opsi kedua, kompetisi berlangsung setahun penuh dan berakhir September 2012. Dengan opsi ini, setiap tim menjalani satu atau dua pertandingan setiap pekannya.

"Opsi kedua lebih baik, meski resikonya memakan waktu yang lama," jelas Kas.


www.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar