Kalah 1-4 dari Australia, Peluang Indonesia Berat

Indonesia takluk 1-4 (0-3) dari Australia dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia U-19 2012 Grup G di Stadion MBPJ, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (6/11/2011) sore. Juru bicara PSSI yang juga Asisten Manajer Timnas U-19, Eddi Elison, saat dihubungi melalui pesan layanan singkat menyatakan, gol tunggal balasan tim Indonesia dicetak Abdul Rahman Lestaluhu melalui titik penalti pada menit ke-72. Ini merupakan kekalahan pertama tim "Merah Putih" yunior setelah pada dua laga sebelumnya imbang 0-0 melawan China dan 3-0 atas Makau.

Dengan kekalahan itu, posisi tim "Merah Putih" yunior tidak beranjak dari peringkat ketiga klasemen sementara Grup G dengan nilai empat dari tiga laga, terpaut tiga poin dari peringkat kedua China yang hari Minggu ini memukul Makau 5-0.

Hasil tersebut membuat kans Indonesia untuk lolos ke putaran final cukup berat. Sebab, hanya juara dan runner-up grup yang lolos ke putaran final plus dua peringkat ketiga terbaik yang diambil dari satu peringkat ketiga terbaik zona Barat dan satu peringkat ketiga terbaik zona Timur.

Indonesia masih akan menjalani satu laga terakhir, melawan Singapura, Selasa (8/11/2011). Namun, untuk bisa naik ke peringkat kedua dengan menggeser China,  hal itu cukup sulit. Selain berharap China kalah dari Australia pada laga terakhir mereka, yang juga digelar Selasa lusa, Indonesia juga harus mengalahkan Singapura dengan kemenangan skor minimal 16-0.

Setelah hanya kalah tipis 0-1 dari Australia, pada laga berikutnya Singapura menjadi lumbung gol dengan kekalahan 0-11 dari China. Jalan lain bagi Indonesia untuk lolos ke putaran final melalui pintu "peringkat ketiga terbaik zona Timur". Namun, hal itu harus menunggu hasil laga-laga di Grup E dan Grup F. Australia saat ini mengambil alih puncak klasemen dari China dengan nilai sempurna, yakni sembilan, sekaligus memastikan lolos ke putaran final.

China tinggal butuh hasil seri melawan Australia, Selasa lusa, untuk lolos ke putaran final. Jika mengalahkan Australia, tim "Negeri Tirai Bambu" itu bakal lolos sebagai juara grup.
Babak kualifikasi Piala Asia U-19 2012 dibagi ke dalam tujuh grup, yang mewakili zona Barat (Grup A, B, C, dan D) dan zona Timur (Grup E, F, dan G). Hanya juara dan runner-up setiap grup plus satu tim peringkat ketiga terbaik di setiap zona yang berhak lolos ke putaran final.
Pada ajang ini, timnas U-19 Indonesia diwakili tim SAD yang mengikuti kompetisi junior Liga Uruguay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar