24 Tim Akan Ikuti Liga Super 2011/12


Sebanyak 24 klub dipastikan akan mengkuti kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) 2011/12 yang rencananya bergulir pada awal Oktober mendatang. Penambahan jumlah klub dari yang awalnya 18 klub ini disampaikan Ketua umum PSSI Djohar Arifin Husein berdasarkan hasil rapat komite eksekutif (Exco) PSSI di sebuah hotel di kawasan Jakarta, Kamis (22/9) dinihari WIB.
Menurut Djohar, penambahan itu tidak melanggar Statuta PSSI. Ke-24 klub itu, kata dia, berasal dari 14 tim ISL musim lalu, empat tim promosi, dan enam tim tambahan, yakni PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, PSMS Medan, dan Bontang FC.
“Format tidak berubah, tetap satu wilayah. Yang berubah jumlah klub. Sesuai pasal 37, komite eksekutif berhak menentukan jumlah klub, dan maksimalnya 24 klub. Tapi semuanya harus mampu lolos verifikasi maksimal 26 September, berkaitan dengan pendanaan dan infrastruktur,” ujar Djohar.
Sebelumnya, PSM, Persema dan Persibo dijatuhkan sanksi dan otomatis terdegradasi sesuai dengan manual liga. Sanksi ini diberikan setelah ketiganya keluar dari ISL 2010/11 sedang berjalan dan memutuskan bergabung ke Liga Primer Indonesia (LPI).
Dengan terdegradasinya ketiga klub tersebut, maka tim terbawah dari 15 klub tersisa menjalani babak play-off promosi-degradasi. Dari pertandingan play-off itu, Bontang FC dikalahkan Persidafon Dafonsoro.
“Kami ada beberapa pertimbangan mengenai penambahan jumlah klub. Persema, Persibo dan PSM telah diputihkan dari sanksi yang diterima. Adapun PSMS dan Persebaya disebabkan punya pendukung banyak, sejarah, serta keinginan dari sponsor. Sementara Bontang FC dipilih karena terbaik dari klub yang degradasi,” tandasnya.
Meski begitu, Djohar tak menampik jika semua ini belum final. Pasalnya, jika ada yang tidak lolos verifikasi, maka jumlah klub akan berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar