Awal Kompetisi Liga Indonesia Diundur

Padatnya jadwal Liga Super yang terjadi dengan penambahan enam klub tidak diimbangi dengan profesionalisme PSSI. PSSI malahan mengundurkan jadwal kick-off liga tersebut. 

"Kick-off musim depan 14 Oktober, bukan 9 Oktober seperti yang direncanakan," ujar Ketua Komite Kompetisi Sihar Sitorus. 

PSSI berkilah masih banyak tim yang belum siap, meski Sihar tidak mau menjelaskan timn-tim mana saja yang dimaksud. Selain itu, PSSI juga masih menunggu verifikasi stadion yang dilakukan oleh AFC, akhir bulan mendatang. 

AFC seharusnya dijadwalkan berkunjung ke Indonesia 26 September lalu, namun batal karena harus melakukan verifikasi di negara lain. Namun hanya beberapa menit berselang, Sihar menyatakan apapun keputusan AFC tidak akan mengubah jumlah peserta kompetisi sehingga pengunduran kick-off dengan alasan di atas patut dipertanyakan. 

"Kita tinggal tunggu saja AFC dalam 2 minggu ini. AFC datang atau tidak itu tidak pengaruh ke peserta kompetisi," kata Sihar. 

Bagi klub, keputusan untuk tetap memainkan 24 tim dalam satu musim sangat merepotkan. Dari segi kesiapan fisik, idealnya satu klub membutuhkan 35-40 pemain agar terus kompetitif sepanjang musim. 

"Berdasarkan rekomendasi dokter, kalau 24 tim berarti kami memerlukan 35-40 pemain karena memerlukan pemain dengan kondisi fisik yang fit," kata Manajer Pelita Jaya Lalu Mara.


www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar