PSSI Pastikan Liga Indonesia Diikuti 24 Tim


Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan Liga Indoneia kasta tertinggi bakal diikuti 24 tim. Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus menyatakan liga akan diikuti 14 klub yang pada musim 2010/2011 lalu berlaga di Liga Super Indonesia. "Ditambah dengan empat tim promosi serta enam tim tambahan," kata Sihar dalam konferensi pers di kantor PSSI, hari ini (27/9).
Dengan ketetapan jumlah tim seperti ini, dipastikan kompetisi akan bergulir selama satu tahun penuh. "Akan ada 552 pertandingan yang berlangsung pada musim ini," kata Sihar. Perhitungannya, 552 pertandingan itu setidaknya hari berlangsung dalam 46 minggu jika diharapkan kelar dalam satu tahun. "Kita harapkan selesai pada Oktober 2012," lanjutnya. Artinya, dalam sepekan setidaknya harus terdapat 12 pertandingan.

Kompetisi bakal dimulai paling lambat 14 Oktober atau sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Proses verifikasi yang dilakukan AFC sendiri tidak akan mengubah jumlah peserta kompetisi sendiri. "Verifikasi untuk menentukan apakah liga ini layak dalam ACL (Liga Champions Asia) atau tidak," ujarnya.

AFC seharusnya melakukan penilaian terhadap kelayakan klub-klub pada Juli-Agustus lalu. “Tetapi AFC juga memiliki jadwal sendiri, sehingga pada rencana terakhir mereka akan datang 30 September. Mereka datang atau tidak datang kompetisi akan tetap berjalan," kata Sihar.

Dengan adanya keputusan ini, sudah dapat dipastikan enam tim pilihan PSSI seperti Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Persebaya Surabaya, PSM Makasar, PSMS, dan Bontang FC bisa ikut serta. Mereka bergabung dengan 14 tim dari ISL dan juga tim-tim promosi Persiba Bantul, Persiraja, Persidafon, dan Mitra Kukar.
Sihar menyatakan tim-tim yang sudah terdaftar ini juga belum semuanya lepas dari masalah seperti misalnya Persija Jakarta. "Yang jelas mereka kini masuk dalam 24 tim yang ikut kompetisi. Manajemennya masih dalam proses mediasi jalan. Saya dengar sudah tuntas secara lisan," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar