Jumlah Klub Terlalu Banyak

Kompetisi Liga Indonesia 2011/2012 yang bergulir setahun penuh dan diwacanakan diikuti oleh 24 klub menuai protes keras dari Persiba Balikpapan. Pemain akan kelelahan dan keuangan klub pontang-panting. Jika jumlah peserta tetap dipaksakan 24, itu melanggar statuta FIFA dan akan menjadi rekor dunia yang sangat memprihatinkan.

"Menurut statuta FIFA, jumlah peserta kompetisi maksimal 20. Tetapi, coba lihat PSSI, kok malah mengisyaratkan kompetisi diikuti 24 klub. Selain kompetisi, klub juga mengikuti Copa Indonesia. Belum lagi jika pemain diambil untuk memperkuat timnas. Jadi, kalau PSSI mau para pemain kakinya pada buntung, silakan menerapkan itu," kata Manajer Persiba Balikpapan Jamal Al Rasyid, Jumat (30/9/2011).
Jamal berharap PSSI tidak menerapkan format 24 klub karena klub bakal pontang-panting. Pembengkakan anggaran operasional jelas terjadi, hingga kalang kabut para pengurus Persiba menyesuaikan jadwal laga dengan jadwal penerbangan, hotel, bus, dan lain-lain.

Tidak konsisten
Celakanya lagi, sampai saat ini pun jadwal kompetisi belum diterima Persiba. PSSI lupa memperhitungkan bahwa tidak semua rute penerbangan gampang mendapat tiket secara mendadak. PSSI lupa bahwa mengonsep jadwal kompetisi seharusnya jauh hari sebelum bergulir.

"Entah apa maunya PSSI. PSSI tak pernah konsisten dalam ucapan dan aturan. Jadi, selama belum ada surat edaran ke kami, saya anggap tak ada instruksi apa-apa dari PSSI. Ya, mari berdoa mudah-mudahan PSSI bertindak benar dan paham bagaimana klub kerepotan," katanya.

Musim lalu yang diikuti 18 klub—faktualnya 15 karena tiga klub mengundurkan diri—sebenarnya sudah memberi gambaran pada PSSI untuk mengonsep kompetisi musim ini. Memang 15 klub peserta terlihat agak ringan, tetapi tetap ada sisi negatifnya karena jadwal ada yang bolong. Tetapi, ada juga yang padat.

"Di Persiba saja, misalnya, pernah jadwal main tujuh kali sebulan. Setelah itu, istirahat sebulan. Atau menunggu dua pekan menjelang laga berikutnya. Kondisi itu tidak bagus dan memengaruhi grafik permainan pemain," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar