PSM Makassar Sulit Berlaga di Liga Super Indonesia

PSSI memastikan hanya 18 klub yang akan tampil di Liga Super Indonesia (LSI) musim 2011/2012.  Itu pun diprioritas dari 14 klub yang berkompetisi di LSI musim lalu ditambah empat klub promosi. Sehingga praktis tak ada jatah bagi tim Juku Eja, PSM Makassar. PSM hanya mendapat jatah di kasta kompetisi nomor dua di Indonesia, Divisi Utama.
Keputusan tersebut diambil PSSI melalui Komite Kompetisi mengingat, tim kuat dari pulau Sulawesi ini bukanlah klub yang berlaga di LSI musim lalu, melainkan di Liga Primer Indonesia (LPI) yang berumur hanya setengah musim.
"Kami memprioritaskan peserta LSI musim lalu. Sekarang masih tahap verifikasi pendanaan. Apabila sudah ketemu, katakanlah hanya 10 klub yang lolos, maka dibawahnya akan bisa mengisi tempat yang kosong," ujar Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (21/9/2011).
Artinya, peluang PSM untuk berlaga di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia sangat tipis, bahkan tidak mungkin. "Mungkin PSM berdoa saja agar ada klub yang tidak lolos verifikasi," imbuhnya.
Hasil verifikasi pendanaan ini, nantinya akan diputuskan apakah ke 18 klub yang telah memberikan data-data dan bukti tertulis layak dijadika peserta kompetisi.
"Kami masih ada rapat ekomite Eksekutif (Exco). kami beum tahu berapa yang lolos, karena di bawahnya (18 klub) masih puluhan," ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Tri Goestoro menyampaikan alasan lain yang memupuskan asa PSM mengikuti LSI musim 2011/2012 adalah statusnya yang bukan peserta LSI musim lalu. PSM secara resmi mengundurkan diri dari LSI dan memilih berkompetisi ke LPI.
"Surat pengunduran dirinya ada," katanya.
Pasca-pengunduran itu, PSM tak mempunyai hak suara di PSSI. Akan tetapi statusmya kembali seperti semula setelah kongres di Bali. Alhasil PSM langsung memiliki hak suara kala Kongres di Solo bulan Juli 2011 lalu.  Namun demikian, bukan serta merta langsung bisa bermain di LSI.
"PSM tidak sempat diberhentikan, tapi tidak serta merta diikutkan karena tidak ikut kompetisi. Secara aturan seperti itu," terang Tri Goestoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar