Tak Ada "Tiket Emas" untuk Pemain Naturalisasi

Meski nantinya telah mengantongi paspor Warga Negara Indonesia, para pemain asing yang telah menjalani proses naturalisasi tidak serta merta menembus timnas Indonesia.


Sebelumnya, mantan Deputi teknis Badan Tim Nasional, Iman Arif, mengatakan Stefano Lilipaly, Sergio Van Dijk, Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Tonny Cussel, Jhonny Van Beukering serta Joey Suk akan segera disumpah menjadi WNI pada awal Oktober 2011.
Bahkan, menurut kabar suratnya telah ditandatangani oleh presiden dan sekarang tinggal tunggu prosesi sumpahnya saja.

Menanggapi kedatangan pemain-pemain naturalisasi itu, asisten pelatih timnas, Leistiadi, enggan berkomentar banyak. Karena dipilih atau tidaknya pemain-pemain itu tergantung keputusan pelatih kepala, Wim Rijsbergen.

"Dia (Wim) menegaskan tidak peduli penilaian orang tentang pemain tersebut. Yang dia butuhkan hanyalah melihat sendiri bagaimana kualitas pemain itu," ujar Leistiadi ketika dihubungi wartawan, Selasa (27/9/2011).

Bila mendapat status WNI, kesempatan bagi keenamnya untuk memperkuat tim 'Merah Putih' di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 terbuka lebar. Tetapi untuk melawan Qatar, 11 Oktober mendatang, kemungkinan itu sudah tertutup, karena nama mereka belum masuk daftar pemain yang diberikan PSSI kepada FIFA.



Indonesia masih berusaha meraih poin pertamanya setelah takluk pada dua laga awal, kalah 3-0 di kandang Iran dan takluk 0-2 menjamu Bahrain di GBK. Tim Garuda berada di peringkat empat atau terbawah klasemen sementara Grup E kualifikasi Piala Dunia zona Asia.


www.bola.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar