Timnas Fokus Pemain Lokal

Keinginan enam pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas senior Indonesia bakal sia-sia. Penanggung jawab Timnas Bernhard Limbong menyatakan bahwa timnas tetap akan fokus menggunakan pemain local untuk berbagai even mendatang. 


"Kalau untuk Singapura dan Qatar mungkin bisa naturalisasi. Soalnya penduduknya kan sedikit. Kalau Indonesia penduduknya sangat banyak. Karena itu mendingan pakai pemain lokal saja," ucap Limbong kemarin (29/9).    

Pernyataan Limbong tentu menutup pintu bagi enam pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi. Mereka ialah Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, Johny Rudolf van Beukering, dan Sergio van Dijk, Greg Nwokolo (Persija) dan Victor Chuckwuekezie Igbonefo (Persipura Jayapura). Bahkan kabarnya keenam pemain tersebut hanya tinggal diambil sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Limbong menambahkan, para pemain Indonesia juga sebenarnya memiliki kemampuan bagus. Apalagi, Timnas senior sebenarnya sudah tak memiliki kepentingan lain di sisa pertandingan Pra Piala Dunia 2014. Saat ini yang menjadi perhatian serius dari PSSI adalah membentuk timnas yang kuat untuk diterjunkan di SEA Games 2011 mendatang.

"SEA Games kan harus mendapatkan emas karena tuan rumah. Tapi untuk timnas senior memang tak memiliki target apa-apa. Mustahil kita ke Piala Dunia 2014. Bisa lolos ke babak ketiga saja sudah prestasi yang cukup membanggakan," ucap lelaki yang juga menjabat sebagai Komite Disiplin tersebut.

Dukungan juga datang dari mantan kiper Timnas Hermansyah. Menurutnya, naturalisasi bukanlah langkah bijak untuk Indonesia jika ingin meraih prestasi di dunia internasional.

"Pemain Indonesia juga banyak yang bagus kok. Yang penting bagaimana pembinaan di kompetisi usia muda," ucap Hermansyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar