Wim Sebaiknya Diganti

Mantan anggota Komite Normalisasi PSSI FX Hadi Rudyatmo mengusulkan agar Pelatih Tim Nasional (timnas) Indonesia Wim Rijsbergen diganti saja. Pasalnya, sebagai pelatih yang seharusnya menjadi motivator bagi pemain dia justru menjatuhkan motivasi pemain, bahkan menjelekkan citra bangsa Indonesia.

"Pernyataan bahwa timnas Indonesia belum layak tampil di level internasional tidak pantas keluar dari mulut pelatihnya sendiri. Itu tidak saja melecehkan pemain, tetapi melecehkan bangsa Indonesia," kata Rudy, Jumat (16/9/2011). Rudy yang juga Wakil Wali Kota Solo adalah Ketua Umum Pengurus Cabang PSSI Kota Solo yang dibekukan pada masa akhir kepemimpinan PSSI oleh Nurdin Halid.
Sebagai gantinya, menurut Rudy, Rahmad Darmawan yang sekarang melatih Timnas Indonesia U-23 layak menggantikan Wim. Rahmad dinilai dapat diterima oleh semua pemain. Rahmad sempat menjadi asisten pelatih timnas saat Wim mulai menggantikan Alfred Riedl, pelatih timnas terdahulu.
"Pelatih itu fungsinya sebagai motivator. Memang dia memberi arahan, tetapi eksekutornya tetap pemain di lapangan. Kalau pelatih bisa diterima pemain, komunikasi bisa berjalan baik, permainan juga akan baik," kata Rudy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar