Indonesia Pelajari Gaya Qatar dari Arab Saudi

Tim sepak bola nasional Indonesia akan berupaya memahami gaya permainan Qatar dari pertandingan uji coba melawan Arab Saudi di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (7/10) ini. Pada laga ini, pelatih Wim Rijsbergen akan menurunkan formasi inti yang juga disiapkan untuk melawan Qatar.

”Kemenangan bukan menjadi tujuan utama untuk laga uji coba melawan Arab Saudi. Kita lebih ingin mempelajari gaya permainan mereka yang setipe dengan Qatar,” kata Manajer Timnas Indonesia Ferry Kodrat yang dihubungi di Kuala Lumpur, Kamis (6/10). Kemarin malam, timnas sempat berlatih ringan sekitar 2 jam. Mereka tiba di Kuala Lumpur sekitar pukul 14.10 waktu setempat.

Indonesia akan menjamu Qatar dalam lanjutan babak penyisihan Grup E Pra Piala Dunia 2014 di Jakarta pada 11 Oktober 2011. Indonesia berada di dasar klasemen setelah menderita dua kekalahan beruntun melawan Iran dan Bahrain. Sebelumnya, pelatih Rijsbergen mengatakan, pemainnya harus bisa meningkatkan penguasaan bola di pertandingan, juga kondisi mental dan fisik.

”Kita sudah melihat saat melawan tim-tim kuat seperti melawan Yordania, Iran, dan Bahrain. Kita kurang peluang mencetak gol dan masih banyak kesalahan,” kata Rijsbergen. Pada laga uji coba melawan Arab Saudi, Wim mengatakan akan menurunkan tiga penyerang dengan formasi 4-3-3. Formasi ini pula yang nantinya akan digunakan saat melawan Qatar.

”Kami menggunakan pola 4-3-3, serupa Belanda dan Barcelona. Kita memang belum sebaik Belanda dan Barcelona. Akan tetapi, kami berusaha seperti itu. Itu sistem yang mudah dimengerti,” ujar Wim.
Indonesia harus memenangi laga kandang kedua ini jika ingin terus berkiprah di babak penyisihan grup ini untuk melangkah ke babak selanjutnya.

”Kami butuh menang melawan Qatar nanti. Karena itu, kondisi mental dan fisik pemain harus diperhatikan,” kata Wim.

Sementara itu, hari Jumat ini, dua pemain Persipura, Richardo Salampessy dan Boaz Solossa, direncanakan akan bertemu Komisi Disiplin PSSI. Keduanya akan dimintai penjelasan terkait ketidakhadiran mereka pada latihan tim nasional.

Keduanya mangkir dari timnas setelah membela klubnya di ajang Piala AFC. Selain Boaz dan Richardo, PSSI juga akan memanggil manajemen Persipura dan manajemen timnas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar