Teratur di Usia Dini, Timnas Pasti Tangguh

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng mengatakan para pemangku kepentingan sepak bola Indonesia, terutama PSSI,  harus jeli melihat hubungan antara keberadaan SSB di seluruh nusantara dan peluang untuk membentuk Tim Nasional Indonesia yang kuat. Menurutnya, pembinaan yang berkelanjutan sejak usia dini menjadi kuncinya.

"Timnas yang tangguh bisa kita bentuk kalau kita punya fondasi yang dalam di pembinaan usia dini yang teratur. Enggak mungkin kalau enggak teratur. Kalau diasah tak akan tumbang. Selamat. Harapan kita di 2020 ada (dari anak-anak ini) yang ikut pemain Timnas," katanya  ketika melepas tim juara nasional di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senin (3/10/2011).

Andi mengharapkan bahwa PSSI bisa terus memberikan perhatian khusus pada pembinaan usia dini. Pembinaan yang berjenjang dan teratur diharapkan bisa mewujudkan sebuah Timnas yang tangguh. Menurutnya pula, keberadaan kompetisi-kompetisi yang digelar oleh sejumlah perusahaan dapat menjadi ajang untuk melihat kemampuan bibit-bibit baru. Salah satunya, Danone Nations Cup yang digelar setiap tahun.

Direktur Teknis Persitara Jakarta Zaenal Abidin dipercaya untuk melatih tim juara nasional AQUA-DNC 2011 yang akan mewakili Indonesia di Final Dunia DNC 2011 di Madrid Spanyol, 6-9 Oktober mendatang. Dari pengalamannya melatih tim juara, SSB Hasanuddin, Zaenal berharap anak-anak ini bisa menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia untuk berlaga di kompetisi-kompetisi internasional, terutama Piala Dunia.

"Saya melatih mereka dengan kegembiraan. Ini penting, terutama untuk perkiraan saya piala dunia mereka sesungguhnya ada di 2020. Saya harap di antara mereka ada yang bermain untuk Timnas di 2020," ungkapnya.

Untuk mencapainya, Zaenal mengaku menerapkan latihan fisik Dan mental secara intensif bagi mereka di Makassar. Namun, lanjutnya, yang terpenting adalah melatih mereka sesuai dengan karakteristik anak-anak, bermain dan bergembira.

"Kami melatih mereka sesuai karakteristik anak-anak bahwa mereka harus bermain dengan gembira dan ceria meski kita tetap targetkan dapat empat besar di kompetisi Danone, tapi jangan biarkan kegembiraan mereka hilang," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar