Timnas Indonesia Satu Grup dengan Vietnam

Tim nasional sepak bola Indonesia akan berada satu grup dengan Vietnam pada pertandingan sepak bola SEA Games XXVI yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Lebak Bulus bulan depan. Pada babak penyisihan yang terbagi dalam dua grup nanti Vietnam--peraih medali perak SEA Games dua tahun lalu--sudah ditetapkan akan menjadi unggulan pertama di Grup B.

Deputi I Panitia Penyelenggara SEA Games (Inasoc) bidang Sports & Venues, Djoko Pramono, mengatakan dalam pengundian tersebut sudah ditetapkan tim juara dan runner-up SEA Games Laos 2009 akan menjadi unggulan pertama di masing-masing grup. Malaysia, sang peraih medali emas, berada di Grup A. Sementara, tim peraih perak, Vietnam, di Grup B. "Sesuai dengan aturan mainnya memang begitu," katanya saat dihubungi, kemarin.

Ketiga negara ini akan bersaing dengan sembilan negara peserta lainnya yang akan turut serta. Djoko memastikan bahwa 11 negara Asia Tenggara akan menurunkan timnya dalam SEA Games kali ini. Dua tahun lalu dua negara seperti Brunei Darussalam dan Filipina tidak ikut serta. "Kali ini semua negara (Asia Tenggara) mengirimkan timnya," ujar Djoko.

Bertindak sebagai tuan rumah Indonesia mendapatkan kesempatan untuk memilih tempat. "Pengurus (PSSI) sudah memilih masuk di Grup B," kata Djoko. Artinya, pasukan timnas U-23 Indonesia akan bergabung dengan Vietnam bersama empat negara peserta lainnya. Sisanya, akan masuk satu grup dengan Malaysia.

Timnas U-23 Indonesia tidak menunjukkan hasil gemilang di Laos dua tahun lalu setelah hanya menjadi juru kunci Grup B. Sang tuan rumah bersama Singapura lolos ke semifinal bersama dua tim dari Grup A, Vietnam dan Malaysia. Setelah sebelumnya hanya sembilan negara yang ikut, kali ini seluruh negara Asia Tenggara akan bersaing menjadi yang terbaik.

Brunei Darussalam baru bisa kembali ikut tahun ini karena pada 2009 masih terganjal sanksi dari Badan Sepak Bola Dunia (FIFA). Sementara, bagi Filipina keikutsertaannya kali ini akan kembali menjadi debut setelah dalam dua kali SEA Games pada 2007 dan 2009 tidak turut serta.

Meski sudah absen dua kali, kekuatan Filipina tidak bisa diremehkan. Aksi para pemain keturunan asing yang luar biasa sempat dipertontonkan Filipina saat mengikuti kejuaraan Piala AFF Suzuki pada akhir 2010 lalu. Saat itu Filipina bisa lolos ke semifinal meski akhirnya dipecundangi oleh timnas senior Indonesia.

Pengundian SEA Games rencananya akan disiarkan secara langsung di dua stasiun televisi, RCTI dan Global TV. "Akan dilakukan pada 19 Oktober nanti," katanya. Selain untuk cabang olahraga sepak bola, pengundian juga akan dilakukan untuk disiplin futsal baik untuk putra maupun putri.

Akan ada enam negara yang ikut serta di disiplin ini yaitu Indonesia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Dari semua negara peserta itu hanya Malaysia yang tidak menurunkan tim putri.

http://www.tempointeraktif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar