Timnas Ingin Seperti Belanda dan Barcelona

Pelatih tim nasional Indonesia, Wim Rijsbergen, mengungkapkan timnya akan menggunakan formasi 4-3-3 saat melawan Qatar di Pra Piala Dunia 2014, 11 Oktober mendatang. Sebelumnya, asisten pelatih Liestiadi mengatakan, timnas akan menggunakan taktik 4-3-2-1. Namun, hal ini dibantah oleh Wim. "Kami tidak pernah menggunakan formasi itu. Kami menggunakan 4-3-3, serupa Belanda dan Barcelona. Kita belum sebaik Belanda dan Barcelona tapi kami berusaha seperti itu," ujar Wim seusai memimpin latihan Rabu (5/10/2011).  "Itu sistem yang mudah dimengerti. Semoga mudah dimengerti," lanjutnya.

Pelatih asal Belanda ini juga tak menutup kemungkinan untuk menempatkan Bambang Pamungkas dan Cristian Gonzales bersama-sama di lini depan. Padahal, dalam laga melawan Iran dan Bahrain, keduanya tampil kurang maksimal saat dimainkan bersama-sama.

"Jika Anda mengatakan mereka tidak mencetak gol dan dibilang gagal itu tidak adil. Yang adil adalah mengatakan bahwa kami memang tidak bermain baik sebagai tim. Semoga kami bisa mengubah itu dan mulai bermain baik sebagai satu kesatuan tim," kata Wim.

"Saya tidak pernah memandang secara individual karena kadang-kadang pemain membuat kesalahan. Tetapi segalanya soal tim. Itu (kerjasama) yang diharapkan di pertandingan selanjutnya," kata Wim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar