Wim Masih Bongkar Pasang Pemain

Indonesia akan menghadapi Qatar dalam lanjutan penyisihan Grup E, Pra Piala Dunia (PPD) 2014, 11 Oktober 2011. Jelang laga ini, Pelatih Timnas Senior, Wim Rijsbergen masih mencari formasi terbaik Tim Merah Putih.

Indonesia sampai saat ini masih berada di dasar klasemen Grup E usai menuai dua kekalahan beruntun lawan Iran dan Bahrain. Tak ingin meraih hasil yang sama saat menjamu Qatar, Wim berniat merombak komposisi Tim Merah Putih.

Empat nama sudah didepak dari timnas senior. Mereka adalah Oktovianus Maniani, Arif Suyono, Gunawan Dwi Cahyo, dan Eka Ramdani. Okto dan Gunawan kini lebih difokuskan untuk menjalani persiapan SEA Games 2011.

Menghadapi Qatar, Wim memanggil 25 pemain. Empat di antaranya Samsul Arif, Zulham Zamrun, Purwaka Yudi, dan Yongku Aribowo sudah ikut dengan timnas senior latihan di Lapangan Timnas, Senayan, Minggu, 2 Oktober 2011.

Menurut Asisten Pelatih Timnas, Liestiadi, Wim belum menemukan skuad yang diinginkannya. Karena itu, pelatih asal Belanda itu masih melakukan bongkar pasang pemain.

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator Timnas, Bob Hippy. Menurutnya, langkah yang ditempuh oleh mantan pelatih PSM Makassar itu wajar karena persiapan yang mepet. Selain itu, stok pemain yang telah didaftarkan ke AFC adalah warisan pelatih sebelumnya, Alfred Riedl.

"Ada beberapa tambahan pemain yang dimasukan dari timnas U-23 ke timnas senior. Begitu juga sebaliknya, beberapa pemain senior juga dipindahkan ke timnas U-23. Ini untuk mencari format ideal. Karena memang waktu mempersiapkan mereka sangat mepet,” ujar Bob saat menghadiri latihan timnas di lapangan C Senayan, Minggu, 2 Oktober 2011.

Dalam latihan pagi tadi, pelatih kepala, Wim membagi latihan dalam tiga sesi. Usai pemanasan pada sesi pertama, pemain selanjutnya diasah memainkan umpan-umpan pendek dengan cepat dari kaki ke kaki. Para pemain kemudian dibagi dalam tiga kelompok, barisan penyerang, gelandang, dan barisan pertahanan yang masing-masing memainkan game dengan umpan pendek kaki ke kaki.

"Tadi kami latihan tehnik, ball position, dan sedikit taktik. Kami masih latihan ringan-ringan saja, karena juga ada pemain baru di skuad timnas. Setelah melewati dua pertandingan kemarin dan kami mengadakan evaluasi, ada beberapa penekanan dalam latihan untuk memperkuat beberapa lini," ujar asisten pelatih timnas, Liestiadi.

Pemain yang telah menghadiri TC
Kiper : Ferry Rotinsulu, Markus Horison, I Made Wirawan
Belakang: Supardi, Zulkifly Syukur, M Nasuha, M Roby, Wahyu Wiji Astanto, Beny Wahyudi, Hamka Hamzah
Tengah: Ahmad Bustomi, Tony Sucipto, Firman Utina, M Ridwan, M Ilham, Samsul Arif, Zulham Zamrun, Purwaka Yudi, Hariono
Depan: Bambang Pamungkas, Christian Gonzales, Irfan Bachdim, Ferdinand Sinaga, Yongki Aribowo.

http://bola.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar