Pelatih Sriwijaya FC: Kualitas Kompetisi Akan Menurun


Pelatih Sriwijaya Football Club, Kas Hartadi, mengatakan kualitas kompetisi liga sepak bola profesional di Indonesia akan menurun, karena pesertanya untuk level I mencapai 24 tim.
"Idealnya memang 18 tim, bukan 24 tim. Jika terlalu banyak seperti itu, jelas kualitas kompetisi akan menurun," ujar Kas, di Palembang, Senin (3/10).

Menurutnya, peraturan yang ditetapkan statuta FIFA bahwa kompetisi maksimal diikuti 18 tim telah teruji kebenarannya.  "Tentu aturan dibuat ada dasarnya dan tidak asal dibuat. Seharusnya Indonesia tetap berpijak pada aturan FIFA yang telah baku bahwa kompetisi tidak boleh diikuti lebih dari 18 tim, dan tetap dilakukan dalam satu wilayah," ujar pemain tim nasional era tahun 90-an itu.

Kas menilai, PSSI terlalu memaksakan kehendak, tanpa mempertimbangkan dampak buruknya bagi persepakbolaan Indonesia. "Kompetisi akan berjalan lebih dari satu tahun, jelas akan sangat melelahkan sekali. Kualitas kompetisi akan menurun dan akan berimbas pada permainan tim nasional kita juga," kata dia lagi.

Selain itu, Kas juga mempertanyakan kejelasan mengenai jadwal kompetisi. "Kick off berubah-ubah dan kabar terakhir akan dimulai pada 15 Oktober ini. Ketidakjelasan start kompetisi juga akan mempengaruhi kualitas Liga Indonesia nanti. Jika pun dimulai pada pertengahan Oktober, artinya persiapan tim-tim hanya sebulan untuk mengarungi kompetisi yang lebih panjang," katanya.

Kas mengemukakan, kompetisi sangat melelahkan karena setiap tim harus bertanding sebanyak 46 kali untuk laga kandang-tandang (home-away).  "Kelelahan, pembengkakan dana serta molor jadwal kompetisi tak bisa dihindari lagi, karena peserta kompetisi terbentang dari Aceh hingga Papua," ujarnya.

Kompetisi nantinya, lanjut Kas, akan berakhir pada Oktober 2012, sedangkan liga-liga di negara Eropa menyelesaikan kompetisi kurang dari sembilan bulan. "Para pemain tentu akan kelelahan sekali. Jadwal sangat padat dan mereka tidak memiliki waktu untuk istirahat," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar