10 Oktober, Tujuh Pemain Asing Disumpah Jadi WNI


Enam pemain naturalisasi akan mendapat kewarganegaraan Indonesia mulai 10 Oktober mendatang. Namun, sempat beredar kabar ada satu pemain yang mundur.
Hal tersebut terucap dari mulut Sekjen PSSI, Tri Goestoro beberapa hari lalu di Sekretariat PSSI. Ia menyebut ada satu pemain yang mundur.
"Ada satu pemain yang mengundurkan diri," kata Tri saat itu.
Namun, Tri tidak mau menyebut siapa nama pemain yang berniat mengundurkan diri itu. Enam pemain asing yang akan menjadi warga negara Indonesia diantaranya adalah Tonnie Cusell, John van Beukering, Stefano Lilipaly, Serginho van Dijk yang merupakan keturunan Belanda. Sedangkan dua pemain lainnya adalah pemain asal Nigeria, yakni Victor Igbonefo (Persipura) dan Greg Nwokolo (Persija).
Berita mengenai pemain naturalisasi yang mundur tidak diketahu oleh Iman Arif, Mantan Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional PSSI, yang sampai saat ini masih terus mendampingi proses naturalisasi para pemain tersebut.
"Saya belum mengetahui masalah itu secara resmi, hanya mendengar kabar saja. Yang jelas, enam pemain itu akan hadir semua bulan depan," kata Iman melalui pesan singkat kepada INILAH.COM (15/9).
Iman juga memastikan bahwa pemain naturalisasi itu tidak akan memperkuat Indonesia saat berhadapan dengan Qatar 11 Oktober mendatang di Jakarta.
"Mereka tidak akan main saat lawan Qatar nanti, tapi ada kemungkinan mereka bisa bermain saat lawan Qatar di Doha November mendatang," imbuhnya.
"Untuk saat ini, belum ada pemain yang sudah resmi jadi WNI. Mereka akan disumpah pada 10 Oktober nanti. Seminggu kemudian, baru mendapatkan KTP dan paspor," tukasnya.
Selain keenam nama tersebut, Iman juga menyebutkan bahwa pemain klub Belanda Go Ahead Eagles, Joey Suk, juga akan tiba di Indonesia untuk diambil sumpahnya.
“Benar, Joey Suk akan hadir juga di awal Oktober untuk sumpah, tetapi dia hanya akan main di klub Eropa saja,” Iman menandaskan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar