18 Tim Dipanggil PSSI untuk Verifikasi

Wakil Ketua Komite Kompetisi PSSI Toni Apriliani mengatakan, PSSI memanggil 18 klub untuk melakukan verifikasi kesiapan mereka ikut serta di kompetisi musim 2011-2012 pada Rabu besok (21/9/2011). Klub-klub itu terdiri dari 14 tim dari penghuni Liga Super Indonesia musim lalu dan 4 tim dari tim promosi.

"Besok itu, 18 klub peserta LSI yang lebih diutamakan untuk diverifikasi. Yang diverifikasi ya sesuai dengan apa yang sudah jadi acuan AFC. Apa saja yang diverikasi? Ya seluruhnya, keuangan, kontrak, sporting, sponsor dan lain-lain. Kita harus arsip semuanya, termasuk hal-hal yang belum terpenuhi dalam verifikasi awal," ujar Toni ketika dihubungi wartawan, Selasa (20/9/2011).
Ia menegaskan, PSSI berencana meminta pakta integritas dari setiap klub yang mengikuti kompetisi.

Kesepakatan ini berisi kewajiban klub mengikuti kompetisi sampai akhir musim. Jika klub gagal memenuhinya, misalnya karena berhenti di tengah jalan atau tidak mampu bayar pemain, maka ada sanksi yang ditetapkan sesuai dengan statuta FIFA.
Sebelumnya, PSSI sudah melakukan verifikasi terhadap 36 klub yang terdiri dari konsestan LSI dan Divisi Utama. Hasilnya, tak satu pun klub LSI berhasil masuk urutan 6 besar klub yang pantas masuk Liga Profesional. Namun, hasil ini hanya dijadikan sebagai bahan acuan oleh PSSI.
"Ya, itu hanya untuk menentukan siapa yang layak disebut profesional. Klub LSI dan promosi mana yang profesional dan klub Divisi Utama mana yang profesional. Yang memberikan dokumen atau melamar untuk diverifikasi ya ada 36 klub," jelas Toni.
Setelah diverifikasi aspek administrasinya, ke-18 klub ini akan diverifikasi standarisasi infrastrukturnya. Verifikasi ini tidak dilakukan oleh PSSI, tetapi oleh AFC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar