BUTUH PERBAIKAN

Tim nasional (timnas) U-23 terus berbenah. Itu sengaja dilakukan meski skuad muda Merah Putih mendapat hasil positif selama uji coba di Hong Kong, 15–22 September 2011. Perombakan demi perombakan dilakukan untuk mendapat komposisi terbaik di SEA Games 2011.Apalagi,Yongki Ariwibowo dkk ditargetkan mendapatkan medali emas saat tampil di kandang sendiri. Karena itu,tugas berat berada di pundak Pelatih Rahmad ‘RD’ Darmawan dalam meramu timnas muda.

Timnas U-23 Indonesia mendapat hasil menggembirakan di bawah komando mantan pelatih Persija Jakarta tersebut, yakni meraih 5 kemenangan,2 imbang,dan 1 kali kalah. Bahkan,Yongki dkk meraih tiga kemenangan beruntun saat menjalani tur ke Hong Kong setelah melumat tim Asian Games Hong Kong 4-0,kemudian membekuk Biu Chun Rangers 5-1,dan Citizen FC 2-1.

Namun,RD masih memiliki waktu menyempurnakan skuad muda Merah Putih sebelum tampil membela Indonesia di multievent dua tahunan tersebut.”Kami menginginkan ke arah lebih baik lagi. Masih banyak yang harus diperbaiki, seperti lini pertahanan dan antisipasi bolabola mati lawan.Namun,tetap ada hal positif yang kami dapat.Pemain mampu menerapkan taktik permainan.Pemain lebih terlihat berani saat melakukan penetrasi,”ungkap RD,saat dihubungi HATTRICK,kemarin.

Menutup berbagai kekurangan, beberapa cara pun dilakukan RD.Pelatih asal Metro,Lampung,ini mencoba memasukkan muka-muka baru seperti Stevi Bonsapia, Lukas Mandoen,Titus Bonay,Irfan Bachdim,Octavianus Maniani, Ferdinand Sinaga,dan Gunawan Dwi Cahyo. Mantan pelatih Sriwijaya FC itu terpaksa memulangkan Kim Jefry Kurniawan,Ruben Wuarbanaran,Irfan Raditya,Jajang Mulyana,dan Dendi Santoso sementara waktu. ”Benar,ada pemain terpaksa dikembalikan ke klubnya masing-masing. Namun,bukan berarti peluang mereka kembali membela timnas sudah tertutup.

Proses bongkar- pasang pemain ini hanya dilakukan karena pemain anyar setipe dengan pemain yang dipulangkan ke klubnya masing-masing.Jadi,pemulangan itu jangan langsung diartikan pencoretan,” tutur RD. RD berharap pemain yang ada saat ini mempertahankan puncak performa terbaiknya. Sebab,selepas menjalani uji coba ke Hong Kong,jadwal padat langsung dihadapi Yongki dkk.Tim yang terdiri atas 26 pemain itu akan kembali menjalani training camp (TC) dan dikarantina. Bandung menjadi kota bagi seluruh pemain kembali menempa kemampuan. Selain menjalani masa-masa pemusatan latihan, timnas U-23 berencana tetap menggelar beberapa laga uji coba.Jika sesuai jadwal, timnas muda Merah Putih akan dijajal Persikab Kabupaten Bandung,Sabtu (1/10).

Lalu,bertanding dengan Persija di Jakarta, Rabu (5/10). Sayang,RD belum mau memprediksi persentase kekuatan tim binaannya, meski telah menjalani delapan laga uji coba.Pelatih yang sukses bersama Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC ini menyatakan tidak ingin membatasi peluang pemain. RD hanya ingin mendapatkan komposisi terbaik di akhir proses penyeleksian.”Masih ada beberapa tahapan yang harus dilewati semua pemain.Baik yang dipulangkan,baru saja datang,atau yang masih ada.Semua memiliki peluang dan kesempatan sama,”sebutnya.
”Selain itu,saya tidak mau menghitung kira-kira berapa persen pemain yang telah dikantongi saat ini.Buat saya,biarkan dulu pemain berusaha semaksimal mungkin untuk bersaing.Karena,saat ini semua pemain masih mempunyai peluang sama,”tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar