Jumlah 24 Tim LI Tergantung Verifikasi PSSI

Kompetisi Liga Indonesia mu sim depan dipastikan ada me ngalami penambahan jumlah pe serta hingga maksimal 24 tim. Tapi jumlah itu tergantung dari hasil verifikasi yang dilakukan PSSI.

Demikian dikatakan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Hu sin usai rapat Komite Eksekutif di Hotel Sahid Jakarta, dini hari kemarin. Untuk itulah dia meng imbau kepada klub-klub yang ti dak mampu untuk secepatnya ber­pikir, bila tidak mundur dari pa da nanti mendapatkan sanksi ka rena berhenti di tengah jalan.

“Justru akan merugikan klub tersebut kalau memaksakan diri ikut padahal tidak mampu. Ka­rena akan diancam hukuman ti ga musim tidak boleh mengikuti kompetisi,” jelasnya.

Enam tim yang mendapatkan promosi gratis itu adalah PSM Ma kassar, Persema Malang, per­sibo Bojonegoro, PSMS Medan, Persebaya dan Bontang FC. “Klub-klub ini sampai tanggal 26 tetap kita verifikasi, terutama soal finansial dan stadionnya,” papar Djohar.

Alasan PSSI memilih mereka dengan alasan berbeda. PSM Makassar dan Persebaya Suraba­ya dengan pertimbangan mereka tim dengan sejarah besar di se pak bola Indonesia. Sedangkan Perse ma Malang, Persibo Bojo ne goro, dan PSM Makassar di naikkan statusnya setelah di re habilitasi. Se bab, sebelumnya me reka ber kecimpung di Liga Pri mer In do nesia (LPI). Se dang kan Bontang FC dimasukkan da lam grup ka re na tim degradasi ter baik.

“Ada lima kota punya pendu kung yang ramai dan mereka ju ga punya sejarah di sepak bola In­donesia. PSMS juga telah siap kan kesanggupannya. Kera mai an ini yang diminati spon sor,” jelasnya.

Lebih lanjut, Djohar menjelas kan perihal status PSM, Persibo dan Persema yang sempat keluar dari Liga Indonesia untuk ga bung dengan Liga Primer Indo ne sia, PSM sudah dicabut dari skor sing nya pada Kongres 14 April begitu pula Persibo dan Per sema. “Pada rapat 14 April Kong res me ng amanahkan kepa da Exco untuk merehabilitasi ke anggotaan. Jadi secara hukum ke tiganya tidak ada masalah,” lu gas nya.

Dengan 24 klub terlibat di Li ga Indonesia musim depan, jad wal kompetisi jelas menjadi le bih panjang, yakni 46 pekan. Hal itu, nilai Djohar, bukanlah se buah masalah.

“Ya ini adalah bagian dari per ubahan. Kita lihat saja. Tapi, kita sudah menyampaikan kepada FIFA dan AFC, mereka tidak ada masalah. Kalau di antara yang 24 klub itu ada tiga yang tidak lolos ve rifikasi, maka ya hanya 21 klub yang jalan,” bebernya.
http://www.fajar.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar