Kompetisi dengan 24 Klub Memberatkan

Manajemen Persiwa Wamena menilai rencana PSSI yang akan menggulirkan kompetisi Liga Super Indonesia 2011/2012 dengan total 24 klub itu sangat memberatkan. 

Media Officer Persiwa, Hendro Mardiko di Malang, Jawa Timur, Kamis (29/9), mengatakan dengan total sebanyak 24 klub, maka beban operasional klub akan berlipat ganda. Hendro menambahkan, dengan jumlah 24 klub yang ikut, maka setiap klub akan melakukan pertandingan sebanyak 46 kali, terdiri dari 23 laga kandang dan 23 tandang. 

"Jika dibandingkan dengan kompetisi tahun lalu, maka setiap klub untuk tahun ini akan ditambahi enam pertandingan, baik kandang maupun tandang," katanya. 

Ia menjelaskan, untuk sekali laga tandang tim dari Papua, membutuhkan dana sekitar Rp400 juta, sehingga dengan total 23 laga tandang, maka dana yang dibutuhkan mencapai sekitar Rp9,2 miliar. "Tentunya dana sebesar itu sangat memberatkan jika tim dari Papua melakukan pertandingan di luar kandang," katanya. 

Padahal, menurut Hendro, PSSI sebelumnya telah menetapkan dana untuk klub sebesar Rp15 miliar untuk satu kali kompetisi.  "Kebutuhan dana pasti akan membengkak, sebab klub juga harus diwajibkan memperbaruhi kontrak pemain, karena durasi kompetisi akan melebihi 12 bulan," katanya. 

Hendro berharap, PSSI segera merevisi format klub yang akan mengikuti kompetisi dengan pertimbangan dana tersebut agar klub tidak terbebani. "Kita harapkan, ada kebijakan baru lagi dengan memperhatikan kondisi klub, terutama klub yang berasal dari Papua," katanya.
http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar