Mencari Kambing Hitam Kekalahan Timnas


Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia bagai burung yang tidak mempunyai induk. Bagaimana tidak? Sang induk yang harusnya mengayomi, malah menyalahkan anaknya sendiri ketika sang anak belum sepenuhnya mampu terbang tinggi. Hal seperti itulah yang terjadi pada timnas sepak bola Indonesia yang mengalami kekalahan beruntun pada lanjutan Grup E putaran III Pra Piala Dunia 2014 zona Asia. Saat timnas melawan Iran dengan skor 3-0 dan berhadapan dengan Bahrain dengan skor akhir 2-0.
Wim Rijsbergen yang saat ini melatih timnas Indonesia menggantikan Alfred Riedl mengelak kekalahan tersebut dengan mengatakan bahwa kekalahan tersebut memang disebabkan oleh kualitas timnas yang belum mampu bermain di level internasional. Dari apa yang diucapkan Wim tersebut seolah-olah pemain timnas yang disalahkan akibat kekalahan tersebut. Tidak pelak jika ucapan Wim tersebut mengakibatkan pemain timnas ikut berkomentar, salah satunya adalah Firman Utina.
Dia mengatakan lewat akun Twitter-nya, bahwa pelatih sebaiknya tidak menyalahkan pemainnya. Selain itu pemain timnas yang menyatakan kekecewaannya pada pelatih Wim Rijsbergen adalah Fery Rotinsulu, kiper yang sedianya sudah diplot saat menggantikan Markus Horizon itu menyatakan, jika dirinya siap mengundurkan diri dari timnas, yang bisa jdi ucapan tersebut muncul (mungkin) disebabkan oleh permasalahan yang timbul dari komentar Wim tersebut
Selain itu, setelah timnas bertanding melawan Bahrain, sejumlah pemain melakukan pertemuan dengan mantan pelatih Alfred Riedl yang saat ini tengah melatih timnas Laos. Salah satunya adalah kapten timnas Bambang Pamungkas. Dan hasil dari pertemuan tersebut membuat Bernard Limbong, selaku penanggung jawab akan memanggil sejumlah pemain yang sudah bertemu dengan Alfred Riedl untuk dimintai klarifikasi.
Setelah kekalahan tersebut membuat timnas yang telah naik peringkatnya dari 137 ke peringkat 131 FIFA menjadi melorot kembali ke 139 peringkat FIFA. Tidak pelak jika situasi tersebut membuat kualitas tim nasional Indonsia turun di mata dunia. Sebelum menghadapi Qatar pada lanjutan Grup E putaran III Pra Piala Dunia 2014 zona Asia, pada 11 Oktober 2011 mendatang, tim nasional Indonesia dijadwalkan akan melakukan ujicoba melawan Arab Saudi di Kuala Lumpur, Malaysia pada 7 Oktober 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar