Posisi Direktur BLI Dihapus

PSSI akhirnya merespons pengunduran diri Direktur Badan Liga Indonesia (BLI) Harbiansyah Hanafiah. Kepada wartawan di Jakarta kemarin, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan jika sampai saat ini dirinya belum menerima surat resmi dari Harbiansyah, terkait penolakan dirinya untuk menduduki jabatan sebagai direktur BLI. 


Djohar menyatakan, PSSI tidak akan mencari pengganti Harbiansyah jika yang bersangkutan memang benar-benar mundur dari jabatan yang diamanatkan kepadanya  melalui rapat executive committee (Exco) pada 16 September lalu.

"Posisi direktur BLI akan ditiadakan. Nantinya," kompetisi" profesional dikendalikan CEO PT Liga Prima yang sudah ditetapkan sebelumnya, yakni saudara Widjajanto," kata Djohar.

Untuk liga amatir, lanjut, Djohar akan dikelola oleh seorang CEO yang posisinya sejauh ini masih lowong. Kedua badan sepak bola di atas akan berada di bawah kontrol langsung Exco PSSI. "Itu tugas Pak Sihar (Sitorus) selaku ketua komite kompetisi untuk mencari orang profesional, yang akan duduk di posisi CEO Liga Amatir," sambung Djohar.

Djohar mengungkapkan bahwa keputusan meniadakan posisi direktur BLI" didasarkan pada kebijakan badan-badan bentukan pengurus PSSI sebelumnya. "Semua badan tadi kita kembalikan di bawah kendali dan pantauan langsung Exco. Jadi, tidak akan ada lagi badan yang berdiri sendiri seperti sebelumnya. Kebijakan ini diambil, demi untuk efisiensi sekaligus memudahkan kontrol kepada semua badan yang ada," beber Djohar.

Mengenai kebijakan menambah jumlah klub kontestan kompetisi kasta tertinggi sepakbola nasional musim ini, dari 18 menjadi 24 klub, Djohar mengatakan hal tersebut sama sekali tidak melanggar aturan seperti dugaan banyak pihak. Sebab, yang diatur dalam Kongres PSSI di Bali, hanya format kompetisi yang menetapkan satu wilayah.

"Untuk jumlah peserta dan waktu pelaksanaan kompetisi, semua ditentukan oleh Exco. Itu sesuai dengan bunyi Statuta PSSI pasal 37. Karena itu, penambahan jumlah peserta tersebut sama sekali tidak melanggar aturan. Ini semua lebih untuk mengakomodasi keinginan beberapa klub tampil di level atas," paparnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi mengenai pengunduran dirinya, Harbiansyah menandaskan tidak akan menyerahkan surat resmi. Sebab, surat keputusan (SK) pengangkatan dirinya sebagai direktur BLI yang baru per Jumat lalu (16/9) pun belum keluar.

"Saya hanya akan menelepon Sekjen PSSI (Tri Goestoro) besok (hari ini, Red) untuk menyatakan pengunduran diri saya dari jabatan Direktur BLI," kata Harbiansyah singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar