PSSI Beri Kesempatan Pemain Naturalisasi untuk Bela Timnas

Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Sekjen PSSI) Tri Goestoro memberikan lampu hijau kepada lima pemain naturalisasi untuk membela tim nasional. Kelima pemain naturalisasi itu adalah Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Jhoni van Beukering, Sergio van Dijk dan Stefano Lilipaly.
Hanya saja, kata Tri, dimainkan atau tidak semua bergantung kepada pelatih Wim Rijsbergen. Sejauh ini, Rijsbergen belum memberikan komentar. Rijsbergen masih berada di negaranya, Belanda. Dia ke Indonesia awal Oktober.
"Semua warga negara Indonesia punya hak untuk membela timnas, termasuk lima pemain naturalisasi. Tapi semua bergantung pelatih," kata Tri saat dikonfirmasi Supersoccer Jumat malam (16 September 2011).
Sebelumnya, mantan Direktur Teknis Badan Tim Nasional Indonesia (BTNI) Iman Arif dalam jumpa pers di FX Senayan Jakarta mengatakan kelima pemain naturalisasi akan diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 10 Oktober 2011. Tak lama setelah itu, kelimanya akan menerima kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor.
"Mereka sudah memenuhi semua persyaratan sebagai warga negara Indonesia," kata Iman.
Jika Rijsbergen memang memerlukan, maka kelimanya bisa dimainkan saat timnas senior melakoni laga awat kontra Qatar November 2011. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan sendiri akan menjamu Qatar pada 11 Oktober di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dalam laga ketiga putaran ketiga babak kualifikasi Pra Piala Dunia (PPD) 2014 zona Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar