PSSI dan Pemain Mencari Solusi

PSSI akan mengumpulkan semua pemain tim nasional senior pada Kamis atau Jumat pekan ini untuk menyelesaikan kesalahpahaman antara beberapa pemain dan pelatih Wim Rijsbergen. Pertemuan ini diharapkan menghasilkan solusi terbaik untuk kembali menyatukan timnas yang akan menghadapi Qatar pada 11 Oktober.

”Di dalam tim nasional senior, belakangan ini ada miss communication antara beberapa pemain dan pelatih Wim,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI Tri Goestoro, Selasa (20/9).

Kesalahpahaman yang dimaksud adalah kekecewaan sejumlah pemain terhadap komentar Wim Rijsbergen yang terkesan menimpakan seluruh kesalahan kepada pemain atas kekalahan 0-3 melawan Bahrain. Tujuh pemain pun kemudian menyatakan tidak bersedia dilatih Rijsbergen.

”Rapat Komite Eksekutif memutuskan segera dilakukan konsolidasi pada Kamis atau Jumat. Semua pemain diusahakan dikumpulkan semua di Jakarta untuk menyelesaikan masalah,” ujar Tri.

Konsolidasi internal timnas itu diharapkan bisa menuntaskan masalah dan kembali mengangkat motivasi para pemain untuk melawan Qatar. Di atas kertas, Indonesia masih berpeluang lolos ke putaran keempat karena masih ada empat pertandingan yang harus dijalani.

Saat ini, para pemain masih diliburkan untuk menghilangkan kelelahan sekaligus menyelesaikan negosiasi dengan klub yang akan dibela musim depan. ”Mereka akan mulai menjalani pemusatan latihan pada 1 Oktober di Jakarta,” ujar Tri.

Timnas senior juga diagendakan menjalani laga uji coba melawan Arab Saudi di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 7 Oktober. Arab Saudi memusatkan latihan di Malaysia sebagai persiapan menghadapi China pada 11 Oktober.

Tim SEA Games Timnas U-23 SEA Games yang saat ini menjalani serangkaian uji coba di Hongkong dijadwalkan tiba di Jakarta pada Kamis atau Jumat. Mereka akan langsung berangkat ke Bandung pada 24 September untuk menjalani pemusatan latihan selama beberapa hari.

”Setelah dari Bandung, tim U-23 akan melawat ke China untuk melakukan beberapa uji coba,” ujar Tri.

Anggota Komite Eksekutif yang membidangi timnas, Bob Hippy, dalam kesempatan berbeda, menjelaskan, PSSI akan menyeleksi tujuh pemain yang masuk program SAD Uruguay untuk memperkuat tim U-19. Mereka akan dipantau dalam waktu dekat untuk dinilai apakah bisa memperkuat tim yang dipersiapkan mengikuti Kejuaraan AFC U-19.
http://bola.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar