PSSI Panggil 200 Wasit

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan memanggil 200 wasit pada akhir September nanti. PSSI akan melakukan penyegaran kepada para wasit jelang kompetisi mendatang.

PSSI sudah menetapkan kick-off Liga Indonesia pada 9 Oktober nanti. Sebelum kompetisi dimulai, PSSI ingin para wasit santai sejenak. Ketua Komite Wasit Roberto Rouw mengatakan, para anggota korps baju hitam itu akan mengikuti kelas penyegaran dalam dua kelompok.
"Memang ini kurang ideal, satu kelas biasanya 30 orang. Tapi, nanti kelas-kelasnya akan dibuat kelas paralel. Kami harapkan lebih efektif pelajaran di kelas nanti," kata Roberto di kantor PSSI, Selasa (20/9/2011) sore.

Roberto menambahkan, seluruh kegiatan itu akan diadakan di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan serupa juga diadakan untuk match commisioner pada akhir bulan ini.
Roberto mengemukakan, wasit yang dipanggil itu juga meliputi para wasit dari Liga Primer Indonesia (LPI) musim lalu. Para pengadil di LPI ini sempat mendapatkan sanksi dari PSSI era Nurdin Halid karena kompetisi itu dianggap ilegal. Sanksi itu telah dicabut oleh Komite Eksekutif PSSI pada kepengurusan baru. "Untuk wasit-wasit LPI, kemarin Exco sudah sepakat untuk mencabut sanksi yang pernah dikeluarkan kepengurusan lama kepada mereka. Tapi, ini dengan catatan karena keterlibatan mereka di LPI bukan karena melanggar etika wasit. Kalau sanksi yang melanggar etika, sanksi itu tetap berlaku," ujar Roberto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar