Rahmad Panggil Tujuh Pemain Baru

Pelatih Kepala Tim Nasional U-23, Rahmad Darmawan, terus berusaha mematangkan skuadnya menjelang SEA Games 2011 pada November mendatang. Salah satu yang dilakukan Rahmad adalah memberikan kesempatan kepada tujuh pemain baru.


Ketujuh pemain baru itu adalah Stevi Bonsapia, Lukas Mandowen, Titus Bonai, Irfan Bachdim, Octovianus Maniani, Ferdinand Sinaga, dan Gunawan Dwi Cahyo, Stevi, Lukas, dan Titus sebetulnya telah dipanggil dalam pelatnas yang digelar di Malang beberapa waktu lalu. Namun, mereka tidak bisa menyelesaikan pelatnas karena harus kembali ke Persipura Jayapura untuk melakukan persiapan tampil di Piala AFC.


Adapun Irfan, Octo, Ferdinand, dan Gunawan memiliki pengalaman memperkuat timnas senior.
Sebagai konsekuensi pemanggilan tujuh pemain tersebut, Rahmad memulangkan lima pemain sementara waktu. Mereka adalah Kim Jefry Kurniawan, Ruben Wuarbanaran, Irfan Raditya, Jajang Mulyana, dan Dendi Santoso.


"Ada beberapa pemain terpaksa dikembalikan ke klubnya masing-masing, tapi bukan berarti peluang mereka kembali membela timnas sudah tertutup," kata Rahmad, Senin (26/9/2011).
"Proses bongkar pasang pemain ini hanya dilakukan karena pemain anyar setipe dengan pemain yang dipulangkan ke klubnya masing-masing. Jadi, pemulangan itu jangan langsung diartikan pencoretan," tambahnya.


Di bawah tangan Rahmad, timnas U-23 tampil menjanjikan. Dalam hasil uji coba di Hongkong pada 15-22 September lalu, Yongki Aribowo dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Asian Games Hong Kong dengan 4-0. "Garuda Muda" juga membekuk Biu Chun Rangers dengan 5-1 dan memperdaya Citizen FC dengan 2-1. Secara keseluruhan, timnas U-23 berhasil meraih lima kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah.
"Kami menginginkan ke arah lebih baik lagi. Masih banyak yang harus diperbaiki, seperti lini pertahanan dan antisipasi bola-bola mati lawan. Namun, tetap ada hal positif yang kami dapat. Pemain mampu menerapkan taktik permainan. Pemain lebih terlihat berani saat melakukan penetrasi," kata Rahmad.


Sekembali dari Hongkong, timnas U-23 akan kembali menjalani pemusatan pelatihan di Bandung. Para pemain juga akan menggelar laga uji coba melawan Persikab Kabupaten Bandung pada Sabtu (1/10/2011) dan Persija Jakarta pada Rabu (5/10/2011). Timnas U-23 diharapkan mampu meraih medali emas di SEA Games nanti.
http://bola.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar