Sebanyak 120 Wasit Nasional Pensiun

Sebanyak 120 wasit nasional yang pernah berkiprah di Divisi Utama dan Liga Super Indonesia pensiun. Dua di antaranya adalah Fiator Ambarita dan Jimmy Napitupullu.
Mereka menyatakan pensiun setelah mendapat kejelasan dari komite wasit PSSI bahwa mereka sudah tidak bisa lagi berkiprah sebagai wasit di kompetisi Indonesia karena faktor usia. 120 wasit itu merupakan kelahiran 1966.
Jimmy menuturkan, berdasarkan Peraturan Organisasi (PO) PSSI, syarat wasit yang memimpin pertandingan adalah dibawah usia 46 tahun. "Kami yang kelahiran 1966 ini, tahun ini baru menginjak 45. Artinya masih bisa. Kami masih punya hak satu tahun lagi," ujarnya ketika ditemui seusai melakukan pertemuan dengan komite wasit PSSI di GOR Pajajaran, Bandung, Senin (26/9).
Namun, dia menjelaskan, komite wasit salah mengartikan isi peraturan PO tersebut. "Jadi mereka menetapkan bahwa wasit usia 45 itu sudah tidak bisa memimpin pertandingan lagi," katanya. Meskipun kecewa, namun Jimmy dan seluruh wasit kelahiran 1966 itu mengaku bisa menerima keputusan komite wasit.
"Karena kami menghargai komite wasit yang masih mau mengakomodir ratusan wasit-wasit nasional lainnya yang masih memiliki hak untuk ikut penyegaran wasit tahun ini. Kalau kami tidak apa-apa, karena mau bagaimana lagi. Kami hanya membantu memperjuangkan teman-teman wasit yang lain," katanya.
Sebelumnya, ratusan wasit nasional merasa kecewa karena tidak dilibatkan dalam penyegaran wasit yang tengah diselenggarakan di Bandung pada 23-29 September ini. Padahal, mereka adalah wasit-wasit yang selama ini memimpin pertandingan baik divisi utama dan divisi satu.
Menurut Jimmy, kegiatan penyegaran banyak diikuti wasit yang bahkan tidak ada dalam daftar wasit PSSI. "Malahan ada wasit yang dia sama sekali tidak pernah memimpin liga amatir sekalipun. Ini kan jadi pertanyaan. berdasarkan apa," tutur Jimmy.
Oleh karena itu pada Senin (26/9), sekitar 50 wasit nasional mendatangi lokasi kegiatan penyegaran wasit yang tengah melakukan tes di GOR Pajajaran, Bandung. Di sana mereka bertemu dengan Ketua Komite Wasit PSSI Robertho Rouw.
"Pada dasarnya kami menampung aspirasi mereka. Kami rencanakan ada gelombang tiga untuk mengakomodasi mereka. Namun hal ini masih akan saya bicarakan dengan panitia pelaksana," ujar Robertho Rouw.
Namun dia menekankan, permasalahan vatas usia merupakan hal yang tidak bisa ditolerir. Oleh karena itu, 120 wasit nasional yang saat ini telah mengijak usia 45 tahun tidak bisa lagi memimpin pertandingan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar