Tujuh Pemain Siap Disumpah Jadi WNI

Tujuh pemain asing dan keturunan siap di naturalisasi dan diambil sumpahnya menjadi Warga Negara Indonesia pada 10 Oktober mendatang.

Ketujuh pemain tersebut diantaranya Sergio van Dijk, John van Beukering, Stefano Lilipaly, Tonnie Cussel, Joey Suk, Victor Igbonefo dan Greg Nwokolo.

"Apa yang saya lakukan sejauh ini hanya untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab merampungkan kewarganegaraan mereka. Awal Oktober nanti mereka akan disumpah. Setelah itu, dua hingga tiga minggu kemudian, mereka mendapatkan paspor," ungkap mantan Deputi Bidang Teknis Iman Arif .

Iman juga menambahkan jika ada satu pemain yang membatalkan menjadi WNI, namun ia tak mengungkapkan nama pemain tersebut.

"Saya hanya mendengar kabar saja tentang hal itu dari Sekjen PSSI Tri Goestoro. Yang jelas, mereka akan menjalani sumpah pada Oktober," tegas Iman.

Mengenai Joey Suk, Iman mengungkapkan, pemain klub Belanda Go Ahead Eagles ini juga akan diambil sumpahnya.

"Benar, Joey Suk akan hadir juga di awal Oktober untuk sumpah, tetapi dia hanya akan main di klub Eropa saja," kata Iman.
Sementara itu Iman menuturkan bahwa ada tiga pemain yang berkeinginan untuk tetap membela klubnya di luar negeri setelah menjadi warga negara Indonesia. Mereka adalah Stefano Lilypaly, Joey Soek, dan Sergio Van Dijk.

"Jadi, mereka hanya datang ke Indonesia sebagai pemain timnas jika dipilih oleh pelatih."

Ditambahkan Iman, terdapat sedikit keraguan di hati para pemain naturalisasi tersebut disebabkan perkembangan dunia sepakbola Indonesia akhir-akhir ini yang kurang kondusif.

"Yang buat mereka menjadi ragu adalah perkembangan sepakbola indonesia," sambungnya. "Tony Cussel dan Johny berniat datang kesini dan melihat perkembangan terlebih dahulu", lanjutnya.

“Kalau tertarik mereka akan bermain di indonesia. Tapi jika tidak, mereka akan kembali ke Belanda."

Mengenai kemungkinan pemain naturalisasi tersebut memperkuat tim nasional, Iman menyatakan, hal itu bergantung dari keputusan pelatih, yakni Wim Rijsbergen untuk timnas senior maupun juru latih timnas U-23, Rahmad Darmawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar