Disiplin Pemain Timnas Meningkat

Mantan striker tim nasional, Mustaqim, menilai, disiplin dan koordinasi Hamka Hamzah dan kawan-kawan meningkat. Hal itu terlihat saat bermain imbang 0-0 melawan Arab Saudi, di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Jumat (6/10/2011) malam.

Mustaqim mengakui, hasil imbang itu tidak bisa dipakai ukuran bahwa timnas mengalami kemajuan yang signifikan meskipun Arab Saudi termasuk tim papan atas Asia. Sebab, hanya pertandingan persahabatan di mana spiriting fight pemain Arab Saudi mesti berbeda ketika dalam pertandingan resmi.

Menurut dia, dalam pertandingan itu terlihat lini belakang timnas sudah lumayan solid sehingga pemain Arab Saudi tidak bisa leluasa menembus pertahanan Hamka Hamzah dan kawan-kawan. Koordinasi antar-pemain pertahanan juga sudah terlihat lebih rapi dibandingkan dengan saat dibekuk Bahrain dan Iran. Meskipun koordinasi lini belakang dengan lini tengah sudah membaik, tetapi masih sering kurang rancak. Tidak banyak pergerakan yang variatif untuk menguasai lini tengah.

Yang masih kelihatan sangat lemah ada di lini depan. Striker Christian Gonzales tidak mendapat pasokan umpan yang cukup. Variasi serangan juga masih kurang sehingga mudah sekali diantisipasi lawan. Pelatih harus punya cara mengatasi kebuntuan di lini depan itu. "Harus tahu bola umpan seperti apa yang cocok untuk Gonzales," kata mantan pelatih Mitra Kukar dan Deltras Sidoarjo ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar