Geliat Pelatih Asing di Liga Indonesia

Meski terus diselimuti masalah, sepakbola Indonesia ternyata masih menjadi daya tarik bagi pelatih-pelatih asing. Terakhir adalah mantan pelatih tim nasional Filipina, Simon McMenemy, yang mencoba peruntungan di Indonesia.

McMenemy resmi dikontrak tim promosi Mitra Kukar untuk berlaga di Liga Super musim 2011/2012. Pelatih asal Inggris itu memang sudah menyatakan keinginannya untuk melatih di Indonesia sejak lama.

Ketertarikan McMenemy terhadap sepakbola Indonesia kali pertama datang saat melatih timnas Filipina di Piala AFF 2010. Pelatih kelahiran Haywards Heath, Inggris, 33 tahun silam itu terkesan dengan atmosfer sepakbola Indonesia saat menghadapi tim Merah Putih di semifinal Piala AFF.

"Ini merupakan pengalaman yang luar biasa dan kami sangat iri dengan sambutan seperti itu. Para fans sangat mengenal tim nasional mereka. Selain itu, mereka sangat bergairah," ujar McMenemy saat itu.

McMenemy secara tidak resmi menjadi pelatih termuda di sepakbola internasional saat menangani timnas Filipina di usia 33. Setelah itu, sarjana olahraga jebolan Universitas De Montfort, Leicester, tersebut menukangi klub Vietnam, Dong Tam Long An.

Pelatih asing lainnya yang akan memulai petualangan di Indonesia adalah Drago Mamic. Pelatih asal Kroasia itu dipercayai melatih Persib Bandung.

Sama seperti McMenemy, Mamic juga punya pengalaman melatih di Asia Tenggara. Setelah sempat berkarir di China, Mamic kemudian melatih klub asal Malaysia, Sabah FC (2007/2008). Setelah itu pelatih 58 tahun tersebut menangani timnas Myanmar.

Persibo Bojonegoro juga menggunakan jasa pelatih asing musim ini. Setelah gagal mendapatkan Luciano Leandro, tim Laskar Angling Dharma akan dilatih Paolo Camargo. Sebelumnya pelatih asal Brasil itu menangani klub Liga Primer Indonesia, Tangerang Wolves.

Sejumlah nama pelatih asing lainnya juga masih dihubungkan dengan klub-klub di Indonesia. Mantan bintang Pelita Jaya Dejan Glusevic sebelumnya dikabarkan akan melatih Persija Jakarta. Persema Malang juga dikabarkan tertarik mendapatkan mantan pelatih klub LPI, Bali Devata, Willy Scheepers.

Tidak banyak pelatih asing yang sukses di Indonesia. Di antaranya adalah Jacksen F Tiago yang dua kali membawa Persipura Jayapura juara Liga Super Indonesia. Jacksen juga membawa tim Mutiara Hitam menembus perempat final Piala AFC 2011.

Selain itu ada pelatih asal Belanda, Robert Rene Alberts, yang menjadi pelatih asing pertama yang sukses menyabet gelar Liga Indonesia di musim pertamanya bersama Arema Indonesia pada musim 2009/2010.

http://bola.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar