Jelang Indonesia Vs Qatar Polisi Tingkatkan Keamanan Suporter

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya meningkatkan keamanan terhadap suporter sepak bola yang akan menyaksikan pertandingan antara Tim Nasional Indonesia melawan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (11/10).

"Kita akan perbaiki kelemahan pengamanan yang terjadi sebelumnya," kata Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) Komisaris Besar Polisi Sujarno di Jakarta, Kamis (6/10).

Sujarno mengatakan, pengetatan keamanan dan penggeledahan akan dilakukan petugas terhadap penonton sepak bola di sekitar luar stadion ring empat, ring tiga, pintu masuk, pintu lorong dan tribun atas.

Petugas kepolisian akan memeriksa barang bawaan penonton, seperti petasan, senjata api, senjata tajam, botol minuman dan lampu laser.

Polda Metro Jaya akan mengerahkan sekitar 2.600 personel, guna mengamankan pertandingan kualifikasi Pra-Piala Dunia 2014 tersebut.

Sujarno mengungkapkan petugas juga akan sterilisasi terhadap penjual minuman yang menjadi sponsor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) maupun pedagang yang berada di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno mulai pukul 10.00 WIB.

"Salah satu solusinya pedagang tidak menjual minuman yang menggunakan botol kaca, tapi diganti kantong plastik," ujar Sujarno.

Sujarno juga akan menugaskan sekitar 100 personil kepolisian menghadap tribun penonton yang khusus mengawasi kegiatan suporter.

Sementara itu, anggota Komite Eksekutif PSSI, Roberto Rouw menyebutkan pihaknya telah meningkatkan koordinasi dengan kepolisian membahas keamanan yang kurang optimal.

"Yang penting ada pengamanan rutin dan kendala soal mercon yang jadi maslaah," tutur Roberto.

Roberto menyatakan Polda Metro Jaya memberikan jaminan keamanan pertandingan, pasalnya pihak AFC telah memberikan peringatan terhadap PSSI terkait peristiwa petasan saat pertandingan Indonesia menjamu Bahrain, beberapa waktu lalu.

Roberto mengakui ada kelemahan koordinasi antara PSSI dengan Polda Metro Jaya, karena pembentukan pengurus baru PSSI.
http://www.suarapembaruan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar