Melawan Qatar, Peluang Indonesia Jaga Asa Lolos Piala Dunia

Terdampar di dasar klasemen grup E putaran ketiga Pra-Piala Dunia 2014 setelah menelan dua kekalahan di dua pertandingan pertama, membuat tim nasional Indonesia harus dapat memanfaatkan laga kandang menghadapi Qatar hari Selasa nanti (11/10), agar dapat menjaga peluang lolos ke putaran selanjutnya, sekaligus menjaga asa untuk menjadi peserta Piala Dunia 2014 di Brasil.
Pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut, skuad Indonesia diharapkan mampu memberikan perlawanan sengit seperti yang mereka tunjukkan kala menahan imbang tanpa gol raksasa Asia, Arab Saudi, hari Jumat silam (07/10).
Pada laga uji coba yang digelar di stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Malaysia tersebut setiap punggawa Merah Putih dapat memperlihatkan semangat luar biasa, sehingga mampu menahan gempuran striker-striker Arab dan juga sesekali merepotkan pertahanan lawan, bahkan tercatat beberapa kali Indonesia hampir menjebol gawang anak asuh Frank Rijkaard tersebut.
Semangat seperti laga uji coba tersebut diharapkan kembali muncul di laga ketiga menghadapi Qatar. Apalagi mereka nanti akan bertanding dihadapan sekitar 65 ribu suporter fanatik Merah Putih yang akan memenuhi tribun di SUGBK.
Pelatih timnas Indonesia Wim Rijsbergen tampaknya juga berhasrat untuk meraih kemenangan di laga menjamu Qatar nanti. Pelatih asal Belanda tersebut mengaku menggembleng anak asuhnya dengan formasi menyerang 4-3-3 seperti yang diterapkan oleh Barcelona dan juga timnas Belanda.
Sementara itu, Qatar juga tidak mau kehilangan peluang untuk lolos ke putaran selanjutnya. Dengan bekal catatan positif yaitu dua kali hasil imbang, kini mereka menargetkan untuk meraih kemenangan di pertandingan ketiga grup E menghadapi Indonesia.
Namun, pelatih Qatar Sebastiao Lazaroni tidak mau jumawa. Ia memperingatkan anak asuhnya agar mewaspadai semangat timnas Indonesia yang pasti menginginkan kemenangan agar dapat bangkit setelah mengalami dua kekalahan berturut-turut.
Keseriusan timnas Qatar ditunjukkan dengan menggelar pelatnas di Malaysia yang dinilai memiliki cuaca yang hampir sama dengan Indonesia. Di Malaysia, timnas Qatar juga menggelar uji coba, skuad asuhan Lazaroni tersebut menghadapi klub Divisi III Liga Malaysia Maybank di hari yang sama saat Indonesia melakoni laga uji coba yaitu hari Jumat (07/10).
Uji coba tersebut dilangsungkan selama tiga babak, selain untukmencari komposisi ideal untuk menghadapi Indonesia, tujuan uji coba itu adalah guna mematangkan jebakan off-side mengantisipasi serangan yang dikembangkan tim Merah Putih di pertandingan sesungguhnya.
www.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar