Pemain Naturalisasi Senjata Qatar

Kuartet naturalisasi akan menjadi senjata Qatar saat menghadapi Indonesia di Pra Piala Dunia 2014, Selasa 11 Oktober 2011. Jika Indonesia punya Cristian Gonzales, maka Qatar punya Sebastian Soria yang juga bomber keturunan Uruguay.

Sama seperti Gonzales, Soria juga pemain naturalisasi Qatar asal Uruguay. Namun, striker 27 tahun tersebut sudah membela Qatar pada 2006 dimulai dari timnas U-23. Sedangkan Gonazales baru memulainya di pada 2010.

Soria mencetak gol perdananya bersama timnas Qatar senior pada 16 Juni 2007 saat membobol gawang Ghana dalam laga persahabatan. Sejak saat itu Soria terus menjadi andalan The Maroon untuk membobol gawang lawan. Hingga kini Soria sudah mencetak 23 gol dari 57 penampilan bersama Qatar.

Meski belum mencetak gol dalam dua laga awal Grup E, Soria selalu dipercaya pelatih Sebastiao Lazaroni menjadi starter saat melawan Bahrain dan Iran. Kemungkinan besar Soria akan berduet dengan Ali Afif di lini depan saat menghadapi Indonesia.

Selain Soria, Qatar masih punya dua pemain naturalisasi asal Brasil, bek Marconi Amaral Costa dan Fabio Cesar Montezine, serta gelandang berdarah Ghana Lawrence Quaye. Ketiganya juga menjadi starter saat melawan Bahrain dan Iran.

Qatar tidak hanya memiliki pemain naturalisasi yang berbahaya, barisan pemain lokal mereka juga cukup hebat. Salah satu pemain kunci Qatar adalah kapten Bilal Mohammed yang bisa bermain sebagai bek dan gelandang.

Meskipun baru 25 tahun, Bilal sudah mengoleksi 59 caps bersama Qatar. Dengan tinggi badan 183 cm, pemain ini sangat sulit untuk dilewati pemain depan lawan. Bilal menjadi penentu sukses Qatar meraih medali emas Asian Games 2006 dengan mencetak gol tunggal saat mengalahkan Irak 1-0.

Qatar sendiri datang ke Jakarta dengan kepercayaan diri usai menang telak 12-0 melawan tim Divisi Tiga Malaysia, MayBank, Jumat 7 Oktober 2011. Di laga tersebut Lazaroni mengistirahatkan sejumlah pemain kunci termasuk Bilal Mohammed.

Skuad Qatar: Qasem Burhan Hameed, Bilal Mohammed Rajab, Ibrahim Abdullah Al-Ghanim, Meshal Mubarak Bodawood, Younis Rahmati, Jarallah al-Marri, Sebastian Soria, Mohamed Omar Hussein Saeed, Khalid Saleh Hussain, Mohammed Mubarak, Mohammed Razaq, Malik Papa, Hussein Ali Hussein, Muhammad Musa Ali, Muhammad Kassola, Wisam Rizk Abdel Meguid, Ibrahim Majid Majid, Massad Hamad, Yahya Ali Hassan Afif, Khalfan Ibrahim, Hassan Khaled Haidoos, Mohamed Abdel-Muttalib, Majdi Siddiq, Abdulla Abdulaziz Al Sulaiti dan Marconi Amaral.

Rekor Indonesia Lawan Qatar
Indonesia 1-1 Qatar, Asian Games 1986 Seoul, 22 September 1986
Qatar 3-1 Indonesia, Kualifikasi Piala Dunia 1994 Doha, 9 April 1993
Indonesia 1-4 Qatar, Kualifikasi Piala Dunia 1994 Singapura, 24 April 1993
Indonesia 2-1 Qatar, Piala Asia 2004 Grup A, 18 Juli 2004

http://bola.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar