PSSI Rekrut Instruktur Pelatih dari Belanda

Koordinator tim nasional Indonesia, Bob Hippy, mengungkapkan bahwa PSSI terus fokus dalam pembinaan usia dini. Salah satu program yang disiapkan PSSI untuk mengembangkan pembinaan usia dini adalah merekrut instruktur pelatih dari Belanda, Albertus Pentury.

Nantinya, Pentury akan memberikan pelatihan kepada pelatih muda Indonesia. Diharapkan, pelatihan untuk pelatih bagi tim usia muda ini bisa menciptakan pelatih yang berkualitas sehingga tercipta pemain muda berbakat yang dididik secara optimal sejak dini. "Sistem kepelatihan kita belum seragam, untuk itu kita akan seragamkan. Rencananya dari umur 12 tahun, pelatihannya akan menggunakan sistem yang sama," ujar Bob kepada wartawan, Senin (3/10/2011).

"Seusai SEA Games, kami akan memanggil pelatih di Indonesia untuk dilatih Bert. Kebanyakan pelatih di Indonesia lulus dari pelatihan karena "diluluskan". Namun dengan kedatangan Pentury, tak ada lagi pelatih yang akan lulus dengan cara curang," sambungnya. Pria asal Belanda ini akan bekerja bersama PSSI hingga empat tahun ke depan. Namun, jika dalam dua tahun ada masalah dengan kinerja Pentury, PSSI akan melakukan evaluasi.

"Bert dipinjam dari KNVB (federasi sepak bola Belanda). Kami sudah mendapatkan persetujuan dari Komite Eksekutif. Saat ini tinggal menunggu surat keputusannya," ucap Bob.

Biodata Albertus Pentury:
Lahir: Medan, 25 Februari 1948
Tahun 1970 mulai melatih
Tahun 1973 mendapat lisensi C
Tahun 1975 mendapat lisensi B
Tahun 1976 mendapat lisensi A
Tahun 1978 mendapat lisensi pro UEFA
Tahun 1991 instruktur pelatih Indonesia di antaranya Soebodro dan Simson Rumapasal.
Tahun 1996 instruktur pelatih Satya Bagja, Edward Tjong, dan Gusnul Yakin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar