RD Belum Puas dengan Kemenangan Timnas U-23

Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia kembali menuai hasil positif. Skuad muda Merah Putih memetik hasil sempurna saat menjalani uji coba kontra Persikab Kabupaten Bandung,3-1 di Stadion Si Jalak Harupat,Soreang,Bandung, kemarin. 


Timnas U-23 mengemas hasil positif itu melalui dua gol Ferdinand Alfred Sinaga pada menit kedua dan ketujuh. Disusul gol dari winger Oktovianus Maniani pada menit ke-77. Sementara Persikab sempat memperkecil kedudukan melalui Cahya Sumirat melalui titik putih pada menit ke-63. Kendati kembali menuai hasil positif, Pelatih Timnas U-23 Rahmad ‘RD’ Darmawan kurang puas atas penampilan anak asuhnya dalam partai uji coba tersebut.

RD menilai organisasi permainan masih perlu ditingkatkan. Mantan pelatih Persija Jakarta itu mengatakan,anak asuhnya kurang apik soal kerja sama antara pemain satu dan lainnya. “Paling penting dalam menjalani uji coba itu bukan kemenangan,melainkan kekompakan anak-anak dalam berkoordinasi antara satu dan lainnya.Tapi, saya cukup bangga dengan hasil ini,”ujar pelatih berusia 44 tahun itu,kemarin.

Menurut RD,kekurangan timnya diharapkan tidak terulang saat skuad muda Merah Putih dijamu Semen Padang (SP), Selasa (4/10).Mantan pelatih Sriwijaya FC ini juga mengharapkan antusiasme penonton di Stadion Haji Agus Salim, kandang SP,akan memicu para pemain timnas menjalani pertandingan sebenarnya.“Pertandingan itu bukan saja mengasah kemampuan,tapi juga melatih mental mereka,”tandasnya.

Pematangan koordinasi permainan dan mentalitas Yongki Ariwibowo dkk sangat dibutuhkan sebelum membela Indonesia di multievent SEA Games 2011.Apalagi,skuad muda Merah Putih itu ditargetkan mendulang medali emas saat tampil di negeri sendiri. Karena itu,uji coba menghadapi SP akan dimaksimalkan RD.

Sayang,mantan pelatih Persipura Jayapura itu belum berani memaparkan tentang skema permainan,termasuk menerapkan formasi 4-2-3-1 yang dipraktikkannya saat menghadapi Persikab.

“Lihat saja nanti. Menang atau kalah bukan masalah.Terpenting adalah bermain kompak untuk menciptakan kemenangan.Intinya, kami akan berupaya keras memantapkan persiapan anak-anak sebelum tampil di SEA Games,”papar RD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar