Tiga Hari Lagi Dimulai, Hak Siar Liga Indonesia Belum Jelas

Meski pembukaan Liga Indonesia hanya tinggal hitungan hari, namun sampai saat ini Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Prima Indonesia, selaku operator liga, belum mampu menggandeng stasiun televisi untuk menyiarkan pertandingan. 

Kerja sama dengan MNC Group, yang disebut-sebut menawarkan kontrak dengan nilai tertinggi, belum final. "Masih negosiasi akhir. Tidak ada penandatangangan. Selama ini MNC (Media Nusantara Citra) nilainya terbaik," kata CEO PT Liga Prima Indonesia Widjajanto Rabu, 12 Oktober 2011. Saat itu ia baru usai bertemu dengan CEO MNC Group Harry Tanoesoedibjo dan Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus di Gedung Energi, kawasan SCBD.

Widjajanto mengatakan dalam pertemuan tersebut belum ada penandatanganan kontrak hak siar. Kontrak masih terganjal tiga hal, yaitunaming right, kesediaan menyiarkan secara langsung kick off kompetisi, dan kesediaan melakukan promo dalam waktu yang sangat dekat. "Mereka akan kembali berunding dengan timnya," kata Widjajanto.

MNC, kata Widjajanto, selama ini menawarkan nilai kontrak yang lebih tinggi dari stasiun televisi lain, termasuk ANTV yang selama ini menyiarkan Liga Indonesia. Namun, ia enggan menyebutkan nilai kontrak tersebut. "Pokoknya nilainya sangat besar dan ini bagus buat klub," katanya.

Duit hasil kontrak tersebut, Widjajanto melanjutkan, 50 persennya akan diberikan ke PSSI dan PT Liga dan separuh sisanya akan diberikan ke klub-klub peserta kompetisi. "Total revenue sharing, 50 persen untuk PSSI dan liga, 50 persen untuk peserta," katanya.

MNC, Widjajanto melanjutkan, secara teknis juga menyatakan siap menyiarkan pertandingan di liga dengan standar kualitas penyiaran internasional. "Kualitas siaran semuanya international production quality," katanya. Jika jadi, kata Widjajanto, kontrak dengan MNC Group akan berlaku untuk satu tahun.

Kick Off kompetisi sendiri akan berlangsung 15 Oktober mendatang di Stadion Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Bandung. Semen Padang dan Persib Bandung akan jadi pembuka kompetisi ini.

http://www.tempointeraktif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar